Translate

Cari Artikel

Asal Usul Sejarah Bank Gunung Slamet Cilacap

Pada tanggal 10 November 1957 di Jakarta berdiri sebuah Koperasi Simpan Pinjam Gotong Royong (KOSGORO).
Koperasi tersebut didirikan oleh Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) Brigade XVII yang diketuai oleh Mas Isman, dan berkantor Pusat di Jl. Mh. Thamrin No.53 Jakarta.
Semboyan KOSGORO adalah “Pengabdian, Kerakyatan, dan Solidaritas” dengan tujuan “melanjutkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD.’45.
Bank KOSGORO ketika itu ternyata memperoleh tanggapan yang positif dari masyarakat, sehingga dalam waktu yang sangat cepat Bank KOSGORO berkembang pesat hampir di seluruh Indonesia.

Pada tanggal 20 Mei tahun 1969 dalam rangka memperluas pelayanan keuangan kepada masyarakat berdirilah Bank Pasar KOSGORO Cabang Cilacap yang masih merupakan Anak Cabang Bank Pasar KOSGORO Yogyakarta.

Pada tahun 1970, Bank Pasar KOSGORO Yogyakarta mengalami kebangkrutan.
Pada tanggal 20 Juli 1970 dengan Keputusan Direksi Bank Indonesia No.3/16 Bank Pasar KOSGORO di Yogyakarta beserta dengan seluruh cabangnya di Indonesia termasuk Cabang Cilacap dinyatakan ditutup.
Walaupun demikian, dengan berbagai pertimbangan, Bank Indonesia masih memberikan kebijaksanaan / kelonggaran kepada Cabang Bank KOSGORO yang dipandang masih sehat, untuk terus melanjutkan usahanya dengan mengajukan permohonan dan rekomendasi kepada Menteri Keuangan melalui Bank Indonesia dengan persyaratan :

Bank Pasar KOSGORO Cabang harus memiliki Badan Hukum sendiri.
Mempunyai Akte Pendirian sendiri.
Mempunyai Modal dan Wilayah Kerja yang jelas.
Mempunyai Kepengurusan sendiri.

Mengingat Bank Pasar KOSGORO Cabang Cilacap dinilai masih sehat dan dapat melanjutkan usahanya, dengan adanya kebijaksanaan Bank Indonesia tersebut, maka pada tanggal 25 Agustus 1971 berdirilah Bank KOSGORO Cilacap dengan Akte Pendirian No. 12/1971.

Selanjutnya pada tanggal 27 Maret 1973 melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 148/OMJ/III.3/1973, diberikan ijin usaha dan ditetapkan bahwa Bank Pasar KOSGORO Cabang Cilacap diganti namanya menjadi PT. Bank Pasar Gunung Slamet dengan Badan Hukum Perseroan Terbatas (PT), dengan ijin Dep. Keh. & Ham. No. C-5139 HT.01.04 TH. 2001 Kemudian sejak tahun 2001, PT.Bank Pasar Gunung Slamet kembali berganti nama menjadi PT.BPR Gunung Slamet.

Alamat Kantor Pusat Bank Gunung Slamet :
Jl. Dr. Wahidin No. 31 Cilacap
Jawa Tengah
Telp 0282-532871
Fax 0282-533418
Untuk Melihat Kantor Cabang Bank Gunung Slamet klik di sini
Untuk Melihat Kantor Kas Bank Gunung Slamet klik di sini
website Resmi :klik di sini

Diambil Dari :Website Bank Gunung Slamet

print halaman iniPrint halaman ini

2 comments:

power bank mengatakan...

Saya baru denger gan nama banknya.. hehehe...

IBU ENDANG WULANDARI mengatakan...

assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus Atau KLIK DISINI

Posting Komentar

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini,,
Mohon Komentar dan Pembenaran jika banyak hal yg dirasa Salah.

:::Gratis Copy Paste Asal Cantumkan Link Blog Ini (jika Mau diPublish Kembali:::