Translate

Cari Artikel

Asal usul Sejarah Sepatu Bola (Khusus untuk Olahraga Sepak Bola)

Asal usul Sejarah Sepatu Bola dan Perkembangannya (Khusus untuk Olahraga Sepak Bola)
Pengetahuan mengenai sejarah biasanya akan sangat membosankan dan terkadang membuang waktu, namun tidak ada salahnya kita mengetahuinya walaupun itu sedikit, banyak sumber-sumber mengenai sejarah perkembangan sepatu olahraga ini.
Terlepas dari benar tidaknya sejarah itu, kita akan mencoba membuat kesimpulan dan memaparkannya berdasarkan hasil sejarah yang tercatat paling banyak dimuat di media.
Secara umum mengenai sepatu, sejarah adanya sepatu dimulai hampir bersamaan dengan sejarah peradaban manusia, Luciana Boccard dalam bukunya Party Shoes (1993) menjelaskan bahwa manusia sudah memakai sepatu dari kulit sejak seribu tahun sebelum Masehi.

Khusus untuk sepatu sepak bola, benda ini sudah dikenal mulai dari zaman Raja Henry VIII pada tahun 1525.
Sepatu yang dikenakan beliau terbuat dari kulit yang keras, tingginya di atas mata kaki, dan bobotnya lebih berat dari sepatu biasa (Mirip sepatu Lars panjang atau Boot).
Sepatu ini dijahit tangan oleh Cornelius Johnson, dan jika kita ingin mengetahui berapa nilai sepatu itu, yaitu sekitar 4 Shilling atau Rp.1.671.400,- jika dinilai saat ini.

Sepatu bola awalnya dan yang menjadi ciri khasnya, memiliki Stud/Cleat/Pul/Sepul (Tujuannya untuk kestabilan dan agar pemain tidak mudah terpeleset di lapangan rumput) yang terbuat dari paku baja dan ditanam di bagian bawah/sol sepatu, hingga kemudian dibuat aturan agar cleat ini ujungnya tumpul demi keamanan.

Pemain bola pada awalnya diijinkan menggunakan sepatu jenis apapun di lapangan, hingga akhirnya pada tahun 1863 FA mengeluarkan peraturan: “Yang tidak menggunakan sepatu dengan paku menonjol, lempengan besi, atau getah karet pada sol sepatunya tidak diperbolehkan bermain”.

Produsen (Pabrikan sepatu) pertama sepatu sepak bola adalah Gola yang rilis pada tahun 1905, kemudian pada tahun 1910-an sepatu dengan nama Cup Final Specials rilis dan mendunia berkat 'gigi-gigi' kayu di bagian bawah agar pemain mudah mencengkeramkan kakinya ke tanah, ujung sepatu dibuat dengan pola anyaman agar pemain mudah menggerakkan jari kakinya selama mengontrol bola, bentuk gigi itu seperti tabung dengan tiga paku kecil berujung tajam, dan pemain harus memakukkan 'Kuku' itu ke sol dengan palu kecil.

Ukuran gerigi itu pun bervariasi, pemain akan memilih gigi lebih panjang untuk bermain di lapangan becek/lembek agar tidak mudah terpeleset.
Pada masa itu, salah satu tugas wasit dan asistennya adalah mengecek sol sebelum pemain masuk ke lapangan, jika gigi sepatu terlalu tajam dan menonjol, pemain tak diperbolehkan masuk.
Sepatu baru umumnya keras dan kaku sehingga sering membuat kaki pemakainya cedera, agar lebih lentur dan enak dipakai sepatu direndam dulu selama beberapa jam sebelum dikenakan, lalu dijemur sebentar agar kandungan air tidak memberatkan sepatu.

 Tahun 1920-an, di Jerman muncul Dassler bersaudara yaitu Adolf dan Rudolf yang membangun Gebruder Dassler Schuhfabrik (Dassler Brother Shoe Factory) pada tahun 1924, perusahaan ini menawarkan teknologi cleat sepatu bermata 6 sampai dengan 7 yang dapat dipindah-pindah posisinya menyesuaikan kondisi lapangan.
Produksi sepatu sepak bola pada masa ini tidak hanya untuk orang dewasa namun anak-anak pun masuk dalam produksi massal.

Tahun 1930-an, muncul variasi warna tali sepatu, namun kelemahannya adalah pada saat bertanding pemain sering mengganti tali sepatu ini karena pembuatannya, proses rendam-jemur sepatu membuat tali mudah rusak.

Tahun 1950-an, pemikiran untuk mengurangi bobot sepatu muncul dan fungsinya mulai difokuskan untuk menendang dan mengontrol bola.
Bahan pembuatan sepatu merupakan gabungan kulit dan sintetis, cleat sepatu terbuat dari karet atau plastik dan dapat diganti-ganti.
Era ini juga ditandai dengan dimulainya komersialisasi sponsor oleh produsen sepatu kepada pemain (1951), bintang Inggris Stanley Matthews menjadi nama sepatu keluaran CWS dan Ia mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang disewa sebagai bintang iklan sepatu.

Tahun 1960-an, terobosan baru dalam pembuatan sepak bola mencakup sol sepatu yang dibuat dengan bahan karet, plastik, atau logam dengan pengait sekrup.

Tahun 1970-an, karena pada awalnya sepatu selalu berwarna hitam, kemudian muncul terobosan untuk mengeluarkan sepatu yang warnanya tidak biasa, yaitu putih.

Di tahun 1979, diperkenalkan bahan kulit sepatu yang terbuat dari kulit kanguru.

Tahun 1990-an, populernya bahan kulit kanguru semakin berkembang dengan diperkenalkannya teknologi Sweet Spot, yaitu sepatu yang bisa membuat bola melengkung ketika ditendang melambung di udara (Tendangan pisang), kita mungkin lebih mengenalnya dari seorang pemain sepak bola asal Inggris David Beckham.

Tahun 1994, sol sepatu terbuat dari bahan polimer yang membuatnya lebih fleksibel dan cleat sepatu tidak lagi berwujud paku-paku, namun dibentuk langsung dari sol berupa bilah seperti pisau.

Dan akhirnya pada tahun 2000-an, diperkenalkan teknologi baru dalam sepatu yang meningkatkan kemampuan kontrol bola, kecepatan lari, dan kekuatan serta akurasi tendangan.
Juga berkembangnya teknologi kuku-kuku sepatu (stud/cleat/pul/sepul) yang lebih lengket di lapangan, dan hasilnya si pemakai akan lebih stabil dalam bermanuver.

Seperti kita ketahui di atas, sepatu bola pada awalnya sangat berat, karena sepatu ini melindungi sampai pergelangan kaki atau mata kaki.
Bentuk ini yang menjadi standar di bagian Utara Eropa selama beberapa tahun, sedangkan di Eropa dan Amerika bagian Selatan lebih mengenal sepatu bola yang tidak perlu melindungi angkel, sehingga bobot sepatu jauh lebih ringan, dan kemudian model ini menjadi model standar hingga sekarang.


  Sedikit Gambaran Sepatu Bola Jaman Dahulu
sepatu bola Raja Henry VIII tahun 1526




Era tahun 1800-an





Era tahun 1900 sampai 1940
Era tahun 1900 sampai 1940

gaya boot Sepakbola relatif konstan sepanjang tahun 1900-an sampai akhir perang dunia kedua. Peristiwa yang paling signifikan di dunia sepakbola boot pada bagian pertama abad kedua puluh adalah pembentukan beberapa produsen boot sepakbola yang masih membuat sepatu bola saat ini, termasuk Gola (1905), Valsport (1920) dan Denmark sepakbola pembuat boot Hummel ( 1923).

Selama di Jerman, saudara Adolf Dassler dan Rudolf Dassler membentuk Gebrüder Schuhfabrik (Dassler Brothers Shoe Factory) di Herzogenaurach pada tahun 1924 dan mulai memproduksi sepatu bola tahun 1925 yang telah 6 atau 7 diganti, dipaku , yang dapat berubah sesuai dengan kondisi cuaca bermain.




Era tahun 1940 sampai 1960

Gaya boot Sepakbola bergeser secara signifikan setelah berakhirnya perang dunia kedua, sebagai perjalanan udara menjadi perlengkapan internasional lebih murah dan lebih banyak dimainkan. Hal ini melihat boot, sepak bola lebih ringan lebih fleksibel yang dipakai oleh dorongan Amerika Selatan yang ke panggung dunia, dan bola keterampilan dan kemampuan teknis kagum semua orang yang mengawasi mereka. produksi boot Sepakbola bergeser untuk menghasilkan boot sepak bola lebih ringan dengan fokus pada menendang dan mengontrol bola, bukan hanya memproduksi sepotong sepatu pelindung.

1948 melihat pembentuk perusahaan Adidas oleh Adolf (Adi) Dassler setelah bertengkar dengan saudaranya itulah penyebab persaigan perusahan pembuat sepatu bola dari dulu sampai dengan hari ini. Bruder Rudolf awal mendirikan perusahaan Puma pada tahun 1948, menghasilkan boot sepak bola Puma Atom. Hal ini menyebabkan sekrup yg awalnya dpt di pakukan pada sepatu bola mulai terbuat dari plastik atau karet untuk pertama kalinya, konon oleh Puma di awal tahun 1950, tetapi juga diklaim oleh Adidas .Sepatu Sepakbola waktu itu masih di atas mata kaki, namun sekarang sedang dibuat dari campuran bahan sintetis dan kulit, memproduksi dan sepatu bahkan lebih ringan untuk para pemain hari untuk menampilkan kemampuan mereka.




Era Tahun 1960-an

Perkembangan teknologi dari tahun enam puluhan mengalami perubahan-langkah penting dalam desain dapat dilihat dari desain sepatu dipotong rendah diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola. Perubahan ini memungkinkan pemain untuk bergerak lebih cepat dan melihat orang-orang seperti Pele memakai sepatu bola Puma di Final Piala Dunia 1962. Adidas, meskipun, dengan cepat muncul sebagai pemimpin pasar, posisi mengklaim sampai hari ini. Dalam Piala Dunia Final tahun 1966, sekitar 75% dari pemain mengenakan boot sepak bola Adidas.
Tahun 1960 juga melihat beberapa pembuat boot sepak bola lainnya bergabung pasar boot sepakbola dengan merek mereka sendiri dan gaya termasuk Mitre (1960), Joma (1965) dan Asics (1964).



Era Tahun 1970-an
Tujuh puluhan dimulai dengan ikonik 1970 Final Piala Dunia yang melihat tim Brasil sublim mengangkat piala dengan Pele, kali ini mengenakan boot sepak bola Puma King. Dasawarsa itu sendiri akan dikenang dimana cara sponsor sepatu bola memiliki icon sepatu, di mana pemain dibayar untuk memakai hanya satu merek. Dari segi desain dan gaya, kemajuan teknologi yang dihasilkan sepatu ringan, dan berbagai warna, termasuk untuk pertama kalinya, boot football semua-putih.
Pada tahun 1979, Adidas menghasilkan penjualan terbaik di dunia boot sepak bola Copa Mundial, terbuat dari kulit kangguru dan membangun untuk kecepatan dan fleksibilitas. Meskipun Adidas tetap dominan, pembuat sepak bola boot beberapa lainnya bergabung dengan kehebohan termasuk sepak bola Italia pembuat boot Diadora (1977). 





Era  Tahun 1980-an
Perkembangan terbesar di zaman baru-baru ini dalam desain dan teknologi sepatu bola dikembangkan pada tahun delapan puluhan oleh mantan pemain Craig Johnston, yang menciptakan boot Predator sepakbola, yang akhirnya dirilis oleh Adidas pada tahun 1990. Johnston dirancang Predator untuk memberikan traksi yang lebih besar antara boot sepak bola dan bola, dan boot sepak bola dan tanah. Desain diperbolehkan untuk daerah permukaan yang lebih besar untuk datang ke dalam kontak dengan bola ketika sedang terkena boot sepak bola, dengan serangkaian kekuasaan dan menyimpang zona dalam wilayah mencolok memungkinkan pemain untuk menciptakan kekuatan yang lebih besar dan meliuk ketika memukul "sweet spot" . Tahun delapan puluhan juga melihat sepatu bola untuk pertama kalinya yang dibuat oleh Umbro perusahaan Inggris (1985), Italia dan Spanyol Lotto Kelme (1982)


Era Tahun 1990-an
1994 Adidas melihat menciptakan Craig Johnston merancang Predator dengan revolusioner gaya, desain dan teknologi sehingga sukses instan dan abadi. Predator sekarang fitur teknologi ekstrusi polimer dan bahan memungkinkan untuk tunggal lebih fleksibel serta konvensional yang diganti dengan desain berbilah meliputi tunggal, memberikan dasar yang lebih stabil untuk pemain. Pada tahun 1995 Adidas traxion berbilah mereka merilis teknologi outsole yang bilah berbentuk meruncing. Puma memukul kembali pada tahun 1996 dengan boot sepakbola busa-bebas midsole, yang dikenal sebagai Puma Cell Technology, yang Adidas menjawab lagi, kali ini dengan alas sepatu berbentuk baji pada tahun yang sama. Tahun sembilan puluhan melihat sepakbola boot baru produsen Mizuno pembebasan mereka Mizuno Wave pada tahun 1997. Lain sepatu bola baru berasal dari Reebok (1992) dan Uhlsport (1993) dengan perusahaan lain juga bergabung dengan pasar yang semakin meningkat, menguntungkan dan kompetitif. Paling signifikan tahun sembilan puluhan melihat masuknya Nike, produsen olahraga terbesar di dunia, segera membuat dampak dengan yang boot sepak bola Nike Mercurial (1998), yang berbobot hanya 200g.

Era tahun 2000-an
Sebagai teknologi maju lebih jauh lagi, penerapan dan perkembangan penelitian baru terlihat di tahun-tahun ke dalam milenium baru sampai ke hari ini dan ini telah menyebabkan penguatan posisi pasar dari tiga pembuat besar sepak bola boot dan penjual, Puma, Nike dan Adidas (bergabung dengan Reebok sejak 2006). Untungnya, masih ada kamar di tempat pasar untuk produsen kecil yang tidak memiliki kontrak dukungan uang besar di pembuangan, seperti Mizuno, Diadora, Lotto, Hummel dan Nomis.

Perkembangan terakhir sejak tahun 2000 telah melihat Nomis Basah teknologi kontrol menghasilkan boot lengket (2002), Craig Johnston Sepatu Babi (2003), teknologi hiu oleh Kelme (2006) dan desain yang luar biasa dari sepatu bola Zhero Lotto Gravitasi laceless (2006) semua yang mendukung keberhasilan bahwa pembuat yang lebih kecil dapat mencapai dengan memproduksi khusus dan sepatu bola berteknologi maju yang menyediakan diferensiasi yang berbeda dari massa yang dihasilkan produk dari tiga besar. Teknologi laser juga telah membantu untuk menghasilkan sepak bola pertama di dunia sepenuhnya disesuaikan dengan Sebelum 2 Lever, yang mungkin yang paling menarik dan inovatif dari perkembangan terakhir.
sepatu sepak bola favorit saat ini termasuk F50 Adidas ', Tunit dan Predator, Nike Mercurial Vapor III, Air Zoom Total 90-an dan Tiempo Ronaldinho, Reebok Rage Pro dan Umbro X Boots.

print halaman iniPrint halaman ini

44 comments:

indra mengatakan...

terima kasih infonya, jadi tahu ternyata seiring perkembangan zaman, sepatu bola mengalami beberapa perubahan.

yosep mengatakan...

akhirnya tahu dapat juga sejarah tentang sepak bola, makasih gan infonya

Unknown mengatakan...

thanks ya, isi artikelnya keren.
dan sangat membantu sekali..+ memberi wawasan tambahan untuk sy, oya kalau untuk info soal kaos kaki wanita yang berkualitas gmn ya..
Trims :)

tanyagooglesaja mengatakan...

produk mitre bro boleh dicoba
Sepatu Bola
Sepatu Soccer

Unknown mengatakan...

UNTUK SELURUH PECINTA JUDI GAMES ONLINE
YUK KE A.R.E.A.T.O.T.O.N.E.T

BUAT GAMBAR mengatakan...

QAQAPOKER | POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA DI INDONESIA
QAQAPOKER MEMPUNYAI 6 GAME KHUSUS POKER YANG BISA DI MAINKAN DALAM 1 AKUN ANTARA LAIN :
* POKER ONLINE
* SUPER 10
* CEME
* CEME KELILING
* DOMINO ONLINE
* CAPSA SUSUN

KEUNTUNGAN BERMAIN DI QAQAPOKER :
* PROSES DEPO/WD SANGAT CEPAT !
* LIVECHAT CUSTOMER SERVICE HANDAL DAN PROFESSIONAL 24 JAM NONSTOP UNTUK MELAYANI ANDA 🙂
* BONUS CASHBACK 0.4% SETIAP MINGGUNYA ( dibagikan setiap hari senin )
* BONUS DEPOSIT 20 %
* BONUS REFFERAL 20 % SEUMUR HIDUP ( Di bagikan setiap hari Kamis setelah maintenance )
* BONUS JACPOT TOTAL SAMPAI PULUHAN JUTA RUPIAH.!!!

DAN MASIH BANYAK BONUS LAINNYA LOH!
CONTACT INFO QAQAPOKER :
BBM : D8DDBFF1
WA : +6281287933779
LINE : QAQAPOKER
⭕ NB : JIKA MENGALAMI KESULITAN DALAM MENDAFTAR
SILAHKAN INBOX DATA-DATA NYA YA 🙂
WWW.QAQAPOKER99.COM
#SitusPokerOnline, #JudiPoker, #AgenPoker, #AgenPokerTerpercaya, #PokerQQ, #DominoQQ, #PokerOnline, #SitusJudiPoker

BUAT GAMBAR mengatakan...

QAQAPOKER | POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA DI INDONESIA
QAQAPOKER MEMPUNYAI 6 GAME KHUSUS POKER YANG BISA DI MAINKAN DALAM 1 AKUN ANTARA LAIN :
* POKER ONLINE
* SUPER 10
* CEME
* CEME KELILING
* DOMINO ONLINE
* CAPSA SUSUN

KEUNTUNGAN BERMAIN DI QAQAPOKER :
* PROSES DEPO/WD SANGAT CEPAT !
* LIVECHAT CUSTOMER SERVICE HANDAL DAN PROFESSIONAL 24 JAM NONSTOP UNTUK MELAYANI ANDA 🙂
* BONUS CASHBACK 0.4% SETIAP MINGGUNYA ( dibagikan setiap hari senin )
* BONUS DEPOSIT 20 %
* BONUS REFFERAL 20 % SEUMUR HIDUP ( Di bagikan setiap hari Kamis setelah maintenance )
* BONUS JACPOT TOTAL SAMPAI PULUHAN JUTA RUPIAH.!!!

DAN MASIH BANYAK BONUS LAINNYA LOH!
CONTACT INFO QAQAPOKER :
BBM : D8DDBFF1
WA : +6281287933779
LINE : QAQAPOKER
⭕ NB : JIKA MENGALAMI KESULITAN DALAM MENDAFTAR
SILAHKAN INBOX DATA-DATA NYA YA 🙂
WWW.QAQAPOKER99.COM
#SitusPokerOnline, #JudiPoker, #AgenPoker, #AgenPokerTerpercaya, #PokerQQ, #DominoQQ, #PokerOnline, #SitusJudiPoker

Hey You mengatakan...

PROMO NEW MEMBER 20%

Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan buat pembukaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap anda di perwakilan judi online yang bertingkat International, sah dan terpercaya hanya di ZeusBola.

Sbg Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

https://bolazeus.net/2018/07/23/panduan-cara-bermain-roulette-di-situs-judi-online/
https://bolazeus.net/2018/07/22/keuntungan-bonus-referral-dalam-situs-judi-online/
https://bolazeus.net/2018/07/24/panduan-dan-cara-bermain-sicbo-dadu-online/

Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

noveras su mengatakan...

Mainkan Poker dan tingkatkan TO nya
menangkan hadiah Iphone X hanya di ANAPOKER

Info Lebih Lanjut Hubungi Contact Kami :
BBM : D8B84EE1 / BBM : AGENS128
WhatsApp : 087789221725

tikapus mengatakan...


AGENS128
Taruhan Bola Online yang lagi ngetrend guys,

Cobain aja, Gak ribet, Hemat waktu, tenaga, dan NGUNTUNGIN
Kali aja Loe beruntung, daftar dan bikin idnya disini nih:
(BBM): AGENS128
(WhatsApp) : 0852-2255-5128

Gwiyomi mengatakan...

ayam bangkok aduan Live terbesar di indonesia hanya di AGEN BOLAVITA
B o l a v i t a Agen Taruhan Bola Online Aman & Terpercaya!
Pasang Taruhan Di Sbobet - Maxbet - 368Bet Bersama B o l a v i t a
Klaim Bonus New Member IDR 500.000,- Ayo Segera Daftar & Pasang Di Website www. b o l a v i t a. site
INFO Kontak Kami (24 jam Online):

BBM: B O L A V I T A
WA: +62 8 1 2-2 2 2 2-9 9 5
Line : cs_b o l a v i t a

TARUHAN AGENS128 mengatakan...


Ayo coba Gaming sambil taruhan !!!

Pasti Nguntungin !!

Hubungi
BBM : AGENS128
WhatsApp : 0852-22555-128

Dan dapetin bonus NEW MEMBERnya sampai dengan 4.000.000 RUPIAH

LINA AGENS128 mengatakan...

>> AGENS128 <<

Agen Taruhan Bola Online & Sabung Ayam Online

GAMPANG banget caranya & Bisa Lebih Untung lho kalau Menang !!

Daftarnya di :
BBM : AGENS128
WhatsApp : 085-222-555-128

Gwiyomi mengatakan...

BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

Agen B-o-l-a-v-i-t-a Merupakan Agen Terbesar yang Menyediakan Semua Game Online Dengan Semua Jenis Game Populer yang anda sukai :) .. Kita Juga Memiliki Banyak Promo Bonus Setiap Harinya.. :) Game Online Populer :
• Bola
• Sabung Ayam • Togel Online • Tangkas • Casino
• Tembak Ikan
• Poker
• SLOT (Play1628)
• WM Casino

Minimal Deposit WD Hanya Rp.50.000,- ( Support Semua Bank Indonesia)
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
BBM: B-O-L-A-V-I-T-A
WA: +62-8-1-2-2-2-2-2-9-9-5

PendekarJudi mengatakan...

Hi boss boss,perkenalkan, Kami adalah betting house untuk sportsbook dan live casino.
#www.pendekarjudi.com. Kenapa memilih kami :
-Terpercaya se-indonesia.
-Bandar bola dengan predikat superior master sejak tahun 2008
-Melakukan proses Depo/Withdraw tercepat.
-disuport langsung dengan beberapa bank lokal terpercaya.
-cashback yang jelas dan pasti di bagikan
-bonus rolingan yang sangat jelas no tipu tipu
-Customer loyalty program dengan banyak sekali hadiah menanti anda para customer setia kami.

So.....segera hub customer service 24 jam kami,
kami siap melayani anda tamu2 Vip kami...... =)

pendekarjudi.com

dengan CS terbaik 24 jam
BBM: PEJU88
Line:PEJU88
WA: +62858-3055-8888
Livechat : pendekarjudi.com

gabrielwi505@gmail.com mengatakan...

Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.COM
minimal depo dan wd cuma 20 ribu
dengan 1 userid sudah bisa bermain 8 games
pin BB : D_8_E_B_A_A_7_C

BabbyChel mengatakan...

Segera Sekarang Gabung Bersama Situs Resmi Agen Sabung Ayam online Terpercaya di Indonesia!!

Salurkan Hobby Anda Sekarang Juga Bersama Agen ZEUSBOLA Sekarang Juga ..

Tersedia Deposit Via Atm Bank Lokal, Deposit Via Ovo, Deposit Via Pulsa, Deposit Via Paypro!!

http://134.209.98.69/situs-judi-depo-ovo-terpercaya-di-indonesia/

http://134.209.98.69/agen-sabung-ayam-via-ovo-terpercaya/


Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

Link : BOLAZEUS,COM " GANTI , DENGAN . "
LINE : zeusbola
Whatsap : 081333552228
BBM : BOLAZEUS

#depositpulsa #depositviapulsa #depositpulsabola #depobola #depositbolaonline #taruhanbolaonline #depositpulsabolaonline #bolaonline #sbobet #sbobetonline #agensbobet #agendepositpulsa

Ayu Letisya mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah Bersama www.bolazeus.com
The Best Agen Betting Online Terbesar di Indonesia.
Serta Memiliki Pelayanan Dan Proses Deposit dan Withdraw Tercepat.

Mainkan Permainan Terbaik Kami Dan Dapatkan Bonusnya :
- SPORTBOOKS
- LIVE CASINO
- SABUNG AYAM
- SLOT GAME
- TEMBAK IKAN
- BOLA TANGKAS
- TOGEL
- POKER LIVE

Promo Bonus Yang Sangat Menarik Dan Mudah di Dapatkan :
- NEW MEMBER BONUS 15%
- BONUS SPESIAL SETIAP HARI 10%
- BONUS EXTRA TURNOVER FREECHIP
- CASHBACK 15% DAN ROLLINGAN 0.6%

Dan Masih Banyak Bonus Lainnya Lagi, Silahkan Masuk Langsung Ke Website Kami Dan Baca Syarat Ketentuan Bonusnya.
Untuk Informasi Lebih Lanjut Bisa Langsung Kunjungi www.bolazeus.com

Hubungi Kami :
Whatsapp : 081333552228

Link Alternatif :
http://www.bolazeus.com

DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

ZEUSBOLA

http://bolazeus.com/

asia mengatakan...

Ketika anda mencari situs judi poker idn deposit murah atau situs poker online paling bagus tentunya anda wajib mendaftar di sini. Bukan hanya sekedar menjadi situs banyak promonya namun anda wajib daftar domino qq online yang memang dapat memberikan anda kepuasan hingga anda sadar sendiri bahwa ini lah situs terbaik
dewapoker
dewapoker88
sarangdomino
gadingpoker
kaptenpoker

Sisil Chintya mengatakan...

S128Cash adalah Situs Betting Online Terpercaya dengan menggunakan sistem untuk memudahkan Anda Taruhan Betting Online.

Disini dengan minimal Deposit dan Withdraw Hanya Rp 25.000,-
Anda juga dapat deposit melalui VIA PULSA, OVO, dan GOPAY.

Berikut Promo-Promo BONUS Menarik yang disediakan :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS FREEBET 200rb !!
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

Dengan pelayanan Customer Service berpengalaman kami yang ramah dan cepat dalam proses semua transaksi siap melayani Anda.

Untuk layanan atau informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
- Livechat : S1288Poker
- WhatsApp : 081910053031

Daftar S128

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

dewisari mengatakan...

Telah hadir di bolavita deposit via pulsa telkomsel dan XL
dan banyak bonus2 mendarik lain nya min depo 25 rbu bisa jadi jutawan
ayo segera daftar dan buktikan sendiri , Pelayanan terbaik 24 jam on line
proses depo wd secepat kilat sabung ayam pilipin

info lbh lanjut:

whatup : +62812-2222-995

Unknown mengatakan...

PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan DominoQQ Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

Bonus Freechip Pokerayam :
> Bonus New Member 10%
> Bonus Deposit Harian 5%
> Bonus Rake Back Mingguan
Game Domino

Hubungi Kami
http://165.22.51.220
Livechat : PokerAyam
WA : 081222221680
LINE : POKERAYAM

Demo Slot Rupiah mengatakan...

CemePoker - Main Poker Online Uang Asli
Bisa Deposit Pulsa Dan OVO
Dapatkan Bonus Rollingan 0.5%
Langsung Dibagikan Setiap Minggu
Pendaftaran : http://cemepoker.info

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 081333552227

LINK ALTERNATIF POKER ONLINE ANTI INTERNET POSITIF 2019

Doyan Main mengatakan...

Winning303
Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

Dapatkan Kemudahan Dengan Deposit Via Pulsa..Bermain Tanpa Ribet...
Proses Cepat dan Aman...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: 087785425244

maria mengatakan...

I love your blog, I recommend to all people who love this kind of post to visit .

golden visa spain,
spain golden visa,
golden visa spain investments,
golden visa spain property,
property for sale costa del sol,
property for sale malaga,
real estate costa del sol,
real estate malaga

Ayam Jackpot mengatakan...

Deposit Sudah Di Proses Ya Bosku...
Selamat Bermain & Terima Kasih Ya Bosku

Jangan Lupa Ajak Teman Untuk Bermain Bersama Kami ya Bosku ^^

DewaZeus mengatakan...

BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan agen master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

Yang Merupakan Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
alternatif zeusbola

bonus deposit s128

Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 link alternatif nova88, main langsung maxbet nova88.

Pokervita mengatakan...

Pokervita.co Situs Judi QQ Deposit Pulsa Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia, Minimal Deposit 15rb Dengan Potongan 15% Telkomsel dan 10% Axis/XL. Server PKV Games Terbaik Untuk Permainan Judi QQ.

Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
- Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
- Ovo
- Gopay
- Dana
- Linkaja
- Pulsa

9 Games Dalam 1 Akun
* ADU Q
* BANDAR POKER
* BANDAR Q
* CAPSA SUSUN
* DOMINO 99
* POKER ONLINE
* SAKONG
* BANDAR 66
* PERANG BACCARAT (NEW)

Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online

Domino99 Pulsa Tanpa Potongan
Domino99 Pulsa Online
Agen Pkv Games Online Terpercaya

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

moris mengatakan...

Bingung Cari Agen Poker Terpercaya??
Percayakan Kepada DonacoPoker...
Agen Profesional Yang Sudah Lama Berkembang...
Proses Transaksi Yang Cepat dan Aman Dengan Pelayanan Yang Ramah dan Memuaskan..

Ayo!! Jangan Ngaku Ahlinya Poker Jika Belum Bermain di Donaco Poker.!!

Segera Bergabung dan Dapatkan Tips-Tips Menang Dari Kami..

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Mr Sam .. mengatakan...

Winning303

Agen Judi Terbaru

Tersedia Banyak Permainan Menarik :
Sports
Slot
Live casino
Togel
Sabung Ayam

Klik ID Gratis Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami ...
Link Terbaru : www.winning303.pw

msmcalista mengatakan...

Lagi #stayathome tanpa pemasukan? Binggung cari pemasukan dengan modal rendah namun hasil yang besar? Yuk gabung bersama MuseumPoker situs poker online uang asli deposit via pulsa tanpa potongan dengan minimal deposit terjangkau. Jangan khawatir, win rate tertinggi sehingga peluang withdraw besar ada di depan mata anda.

==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa Tanpa Potongan
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
* BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
* BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

Agen Togel
Museumbola Slot Habanero
Sabung Ayam s128
Cegah Penyakit Yang Menyerang Ayam Bangkok Aduan

Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumgame
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Midnight Story mengatakan...

Tips dan Trick Bermain Judi Online
Agen Togel Hongkong
Museumbola Slot Pragmatic
AKSES SEGERA SITUS KAMI 1 ID BANYAK PERMAINAN

WA OFFICIAL : +6283157394921



Demo Slot Rupiah mengatakan...

ZeusBola - Main Poker dan QQ Uang Asli
Menerima Deposit Via Pulsa
Bisa Daftar Dengan Akun E-money
Dapatkan Promo Pulsa Tanpa Potongan
Hanya Khusus Disini !!
Pendaftaran : http://zeusbola.live

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607

DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

Doyan Main mengatakan...

Dapatkan Permainan Sportsbook Terbesar dan Terlengkap Bersama Winning303..
SBOSports - iSports - CSports - OSports

Dapatkan pertandingan paling update di dalamnya...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Live Casino
2. Poker
3. Slot Online
4. RNG
5. Sabung Ayam

Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

Bonus New Member Slot 15%
Bonus New Member Poker 10%
Bonus New Member Sabung Ayam 10%
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

Hubungi Kami di :
Customer Service 24 Jam
WA: +6287785425244

Togelpulsa mengatakan...

Situs Agen Togel Terpercaya Bisa Deposit Pulsa Di MUSEUMTOTO – Di era baru, Situs Agen Togel terpercaya sudah bisa memberikan layanan permainan menggunakan deposit pusa. MUSEUMTOTO tak pernah lupa untuk memudahkan kalangan pemain demi menciptakan masa depan taruhan yang begitu menjanjikan.

Casino Online :

Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

Agen Togel Online
Agen Togel
Situs Togel Online
Agen Togel Hongkong
Agen Togel Singapura
Agen Togel Sidney
Agen Toto Macau
Museumtoto IDNLive

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

Museum Bola
Museum Poker
Museum Ayam
Museum Toto

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank JENIUS / BTPN

Bank MANDIRI


PROMO

• Bonus New Member 20%
• Bonus Next Deposit 5%
• Bonus Cashback Casino Up To 10%
• Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
• Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

Diskon dan Hadiah

• 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
• 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
• 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
• Minimal Deposit : 10.000
• Minimal Withdraw :50.000
• Minimal Betting : 500

EXTRA BONUS
HADIAH PRIZE II:
• 4D : 200.000
• 3D : 60.000
• 2D : 10.000

HADIAH PRIZE III:
• 4D : 100.000
• 3D : Jumat.000
• 2D : 5.000

Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Diskon dan Hadiah Paling Besar.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

WA : +6283157394921

CHAT SEKARANG KLIK DISINI

Alamat Situs Alternatif :

LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

AGEN TOGEL DEPOSIT PULSA BISA DIMANA SAJA

BANDAR TOGEL DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

samsa mengatakan...

Ayam Aduan Wajib Konsumsi Sayur Seledri

Buah Alpukat Aman Untuk Ayam Aduan

dessy mengatakan...

MBO128 Adalah Situs Judi Online Terpercaya
Tersedia Semua Game Disini.
Dan Bisa Daftar Dengan Akun E-money (OVO, DANA, LINKAJA ATAUPUN GOPAY)

daftar bisa langsung ke: mbo128.net/
WhatsApp : 085222555128

MBO128NET mengatakan...

SITUS SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 TERBAIK PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

Banyak jackpot Menanti Anda !
Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
BONUS NEW MEMBER 15%
Bonus Harian 10%
Minimal Dp 10Rb
DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR TOGEL ONLINE

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

SRI WAHYUNI mengatakan...

SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
�� www,MBO128,club ��

Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :
EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDER
BONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!
LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
WhatsApp 085222555128

Mr Sam .. mengatakan...

Kunjungi Result Togel Terupdate Saat ini

RESULT TOGEL

Ayo bergabung bersama kami sekarang juga ...

Info lengkap Silakan di add WA : 0877 8542 5244
Cs 24 Jam Online

SITUS POKER ONLINE BONUS NEW MEMBER 10% TERPERCAYA

CLUB388CASH adalah situs judi poker online deposit pulsa tanpa potongan 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
Minimal Deposit Rp.10.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000.-

Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
Bonus New Member 10%
Bonus Harian 5%

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

KONTAK :
WhastApp: 0819-1005-3031

Judi Slot Online Club388
Deposit Pulsa Tanpa Potongan
Poker Online
Situs Poker Online
Situs Poker Deposit Pulsa

Amel Natalia mengatakan...

Ekspansi teritorial Mesir telah dimulai di Mesir Misterius, slot video 5 × 3 dengan 10 paylines dan volatilitas tinggi. Bantu orang Mesir membangun salah satu kerajaan terbesar di dunia dengan simbol misteri yang dapat berkembang secara vertikal yang dipilih secara acak di setiap putaran. Masuki Free Spins dan mainkan dengan dua simbol perluasan misteri yang dapat membayar bahkan pada posisi yang tidak berdekatan.Review Mysterious Egypt Dari Pragmatic Play

Unknown mengatakan...

Hanya dengan deposit yang kecil sudah dapat bermain berbagai jenis permainan dan meraih kemenangan yang luar biasa...

Untuk Pendaftaran Free tanpa dipungut biaya apapun.. Tersedia DEPOSIT VIA PULSA Telkomsel XL, Deposit Via Ovo, Deposit Via Gopay , Deposit Via Alfamart, Indomaret, Dll

Buruan jangan ditunggu lagi segera daftar dan bermain sesuka hati anda..

Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :
whatsapp :+6282277104607
instagram : zeusbola.official




Dewi mengatakan...

50 rb jadi jutawan tunngu apa lagi
silahankan regis dan buktikan sendri ^^
sudah banyak member2 yg merasakan nya
New member 10%
sialhkan hub : WA : +6281 29739 2623

Posting Komentar

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini,,
Mohon Komentar dan Pembenaran jika banyak hal yg dirasa Salah.

:::Gratis Copy Paste Asal Cantumkan Link Blog Ini (jika Mau diPublish Kembali:::