Translate

Cari Artikel

Memuat...

Asal Usul Nabi Adam (Manusia Pertama) Dari berbagai Versi dan Keyakinan


Sepanjang sejarah makhluk yang bernama manusia dimuka bumi dengan segala kisahnya,
ternyata masih banyak menjadi misteri.
Sosok Adam sebagai manusia pertama dimuka bumi, menyimpan 1001 kisah.
Kisah ini mencoba menguak secuil misteri tentang penciptaan Nabi Adam, dan disajikan untuk anda sekalian.


ADAM dalam bahasa Ibrani = אָדָם , dalam bahasa arab = آدم berarti tanah, manusia, atau cokelat muda
hidup sekitar 5872-4942 SM
adalah dipercaya oleh agama-agama Samawi sebagai manusia pertama, bersama dengan istrinya yang bernama Hawa.
Menurut Agama Samawi pula, merekalah orang tua dari semua manusia yang ada di dunia.
Rincian kisah mengenai Adam dan Hawa berbeda-beda antara agama Islam, Yahudi, Kristen, maupun agama lain yang berkembang dari ketiga agama Abrahamik ini.  


 
ADAM MENURUT AGAM ISLAM 
BAHWA BANGSA ATLANTIS ATAU PUN DINASTI RAMA BUKANLAH DARI RAS MANUSIA KETURUNAN ADAM
DIALAH YG DI NAMAKAN 3 UMAT TERDAHULU SEBELUM NABI ADAM YAITU:
 Banul Jan, Banul Ban, Ijajil

DARI GOLONGAN JIN YG TERAKHIR MALAH BERBADAN DAN BERDARAH
 DARI GOLONGAN 3 UMAT TERDAHULU ITULAH BUMI INI PERNAH MENGALAMI 3X KIAMAT
mungkin dalam hati Kalian pernah terbesit pertanyaan Siapakah Makhluk Sebelum Adam?
Kalau menurut kepercayaan Islam, 

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”
 
Sebelum nabi adam turun ke bumi diceritakan bahwa yang menempati bumi ini adalah bangsa jin yang dikelompokan menjadi abal jan dan banul jan dan dari 2 kelompok tersebut bertempur terus tidak pernah bersahabat, kemudian malaikat menanyakan kepada Allah apa akan membuat orang untuk menjadikan kholifah dibumi yang selalu yasfiquddima (pertumpahan darah), akhirnya Allah memerintah yang bernama ‘azajil yang memimpin para malaikat jibril mikail izroil dan malaikat yang lainnya, untuk menaklukan abal jan dan janul jan dibumi ini, kemudian setelah ditaklukan akhirnya Allah menciptakan nabi Adam, diantara ‘azajil, malaikat dan adam diberikan ilmu oleh Allah karena tujuannya untuk menjadikan kholifah dibumi, setelah diuji ternyata yang lulus dari ujian tersebut adalah nabi Adam akhirnya semuanya diperintah Allah untuk sujud penghormatan kepada Adam “fasajaduu illa Iblis”,
akhirnya semuanya sujud kecuali ‘azajil (bangsa Iblis) mereka sombong dan membangkang “aba wastakbaro”.
 
manusia tidak diciptakan dibumi, tapi manusia dijadikan khalifah di bumi, sebagai pengganti tentunya ada yang di ganti, alias Adam bukan makhluk pertama dibumi, dan Allah tidak mengatakan untuk mengganti manusia sebelumnya, tapi pengganti makhluk di bumi, yaitu abal jan dan banul jan, mereka itu adalah penghuni bumi sebelum manusia.
Bentuk basyariahnya tak jauh berbeda dengan manusia, maka anda bisa buktikan bahwa makhluk selain manusia, punya badan yang sama seperti manusia, yaitu banul jan, anak turun Jin, juga banul ban anak turun dedemit, maka ketika bumi rusak oleh mereka, mereka diusir bahkan dibasmi oleh malaikat, hingga mereka berlari terbirit-birit dan mencari tempat yang jauh dari anak Adam.
Spoiler forKalau dari segi Archeology:
Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain sebelum manusia. Mereka seperti manusia, tetapi mempunyai karakteristik yang lebih primitif. Otak mereka lebih kecil. Oleh karena itu, kemampuan mereka berbicara sangat terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu mereka bunyikan. Kelompok ini dinamakan Neanderthal.
Kemudian datanglah manusia Adam yang diklasifikasikan sebagai Homo Sapiens. Menurut Wikipedia, Homosapiens mulai ada sekitar 200 ribu tahun lalu. Sedangkan Neonderthal ada sehingga 130 ribu tahun dulu, kemudian ia lenyap. Ada juga teori yang mengatakan Neonderthal lenyap sebelum Homosapiens muncul. Tapi yang pasti, Homosapiens bukanlah evolusi dari Neanderthal. Neanderthal hanyalah makhluk seakan manusia yang telah ada sebelum kita (manusia Homo sapiens) ada.
Mungkin tidak ada fakta konkrit dalam membicarakan isu ini. Kebanyakan teori berdasarkan sumber fosil. Namun yang paling penting mungkin sebagai bagi yang Muslim kita percaya ada makhluk sebelum Adam yang saling membunuh. Ada yang mengatakan mereka adalah dari kaum jin. Ada juga yang mengatakan bahwa ada 3 umat yang utama sebelum Adam. Dua diantaranya dari kaum jin. Sedangkan kaum yang ketiga adalah dari golongan yang berbeda dari Jin, karena mereka ini berdarah dan berdaging. Golongan ketiga ini adalah mereka yang dimaksudkan sebagai “man yufsidu feehaa wa yasfiku al-dimaa’: golongan yang membuat kerusakan dan menumpahkan darah” seperti yang diulas oleh Malaikat di dalam ayat al-Quran 2: 30. Ini pendapat yang dilontarkan oleh Al-Maqdisi.
Sesungguhnya manusia yang pertama kali di jadikan oleh Alahh SWT adalah ” ADAM AS “. Beliau di jadikan dari tanah yang di bentuk manusia, lalu di tiupkan roh kepadanya lantas jadilah berupa manusia ( berupa darah , daging , ruh )berupa Nabi Adam As.

SEBELUM NABI ADAM

Sebelum Allah SWT mewujudkan Nabi Adam As ( manusia pertama ) Allah SWT sudah menjadikan dua mahkluk yang berakal , berupa :
1. Mahkluk yang berupa malaikat
2. Mahkluk yang berupa Banul-Jan/Iblis

Adapun asal mula kejadian kedua mahkluk tersebut adalah :

Malaikat : di jadikan dari Nur ( cahaya ) yang suci yang berupa ruh dan akal tidak ada syahwatnya. Kerena itu malaikta tidak makan , minum dan juga tidak beristri ( lain dengan manusia ), hidup malaikta semata-mata hanya melaksanakan perintah Allah SWT, laiya tidak di laksanakan.
Banul-Jan : Dijadikan dari api. Berbentuk sebagai manusia membutuhkan makan , minum dan beristri dan juga mempunyai keturunan yang banyak sekali.
 
 Adam hidup selama 930 tahun setelah penciptaan (sekitar 3760-2830 SM), sedangkan Hawa lahir ketika Adam berusia 130 tahun.
  Al-Quran memuat kisah Adam dalam beberapa surat, di antaranya Al-Baqarah [2]:30-38 dan Al-A’raaf [7]:11-25.
Menurut ajaran agama Abrahamik, anak-anak Adam dan Hawa dilahirkan secara kembar, yaitu, setiap bayi lelaki dilahirkan bersamaan dengan seorang bayi perempuan.
Adam menikahkan anak lelakinya dengan anak gadisnya yang tidak sekembar dengannya.

Menurut Ibnu Humayd, Ibnu Ishaq, dan Salamah anak-anak Adam adalah:
Qabil dan Iqlima,
Habil dan Labuda,
Sith dan Azura,
Ashut dan saudara perempuannya,
Ayad dan saudara perempuannya,
Balagh dan saudara perempuannya,
Athati dan saudara perempuannya,
Tawbah dan saudara perempuannya,
Darabi dan saudara perempuannya,
Hadaz dan saudara perempuannya,
Yahus dan saudara perempuannya,
Sandal dan saudara perempuannya,
dan Baraq dan saudara perempuannya.
Total keseluruhan anak Adam sejumlah 40.

WUJUD ADAM
Menurut Hadits Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Adam memiliki postur badan dengan ketinggian 60 hasta (kurang lebih 27,432 meter).
 Hadits mengenai ini pula ditemukan dalam riwayat Imam Muslim dan Imam Ahmad, namun dalam sanad yang berbeda.

Sosok Adam digambarkan sangat beradab sekali, memiliki ilmu yang tinggi dan ia bukan makhluk purba. 
Ia berasal dari surga yang berperadaban maju. 
Turun ke muka bumi bisa sebagai manusia dari sebuah peradaban yang jauh lebih maju dan jauh lebih cerdas dari peradaban manusia sampai kapanpun, oleh karena itulah Allah menunjuknya sebagai Khalifah (pemimpin) di muka bumi.

 Dalam gambarannya ia adalah makhluk yang teramat cerdas, sangat dimuliakan oleh Allah, memiliki kelebihan yang sempurna dibandingkan makhluk yang lain sebelumnya dan diciptakan dalam bentuk yang terbaik. 
Sesuai dengan Surah Al Israa' 70, yang berbunyi:
 ...dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan (Al Israa' 17:70)

 Dalam surah At-Tiin ayat 4 yang berbunyi:
sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (At Tiin 95:4)

Menurut riwayat di dalam Al-Qur'an, ketika Nabi Adam as baru selesai diciptakan oleh Allah, seluruh malaikat bersujud kepadanya atas perintah Allah, lantaran kemuliaan dan kecerdasannya itu, menjadikannya makhluk yang punya derajat amat tinggi di tengah makhluk yang pernah ada. 
Sama sekali berbeda jauh dari gambaran manusia purba menurut Charles Darwin, yang digambarkan berjalan dengan empat kaki dan menjadi makhluk purba berpakaian seadanya. 

MAHLUK SEBELUM ADAM
 Mengenai penciptaan Adam sebagai khalifah di muka bumi diungkapkan dalam Al-Qur'an:
 “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; 
“Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. 
Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): 
“Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?” 
Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (Al-Baqarah 30)
 
Menurut syariat Islam, Adam tidak diciptakan di Bumi, tetapi diturunkan dimuka bumi sebagai manusia dan diangkat /ditunjuk Allah sebagai Khalifah (pemimpin/pengganti /penerus) di muka bumi atau sebagai makhluk pengganti yang tentunya ada makhluk lain yang di ganti, dengan kata lain adalah Adam 'bukanlah makhluk berakal pertama' yang memimpin di Bumi.

Dalam Al-Quran disebutkan tiga jenis makhluk berakal yang diciptakan Allah yaitu manusia, jin, dan malaikat. 
Manusia dan Jin memiliki tujuan penciptaan yang sama oleh karena itu sama-sama memiliki akal yang dinamis dan nafsu namun hidup pada dimensi yang berbeda. 
Sedangkan malaikat hanya memiliki akal yang statis dan tidak memiliki nafsu karena tujuan penciptaanya sebagai pesuruh Allah. 
Tidak tertutup kemungkinan bahwa ada makhluk berakal lain selain ketiga makhluk ini.

Dari ayat Al-Baqarah 30, banyak mengundang pertanyaan, siapakah makhluk yang berbuat kerusakan yang dimaksud oleh malaikat pada ayat di atas. 
Dalam Arkeologi, berdasarkan fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain sebelum manusia. 
Mereka nyaris seperti manusia, tetapi memiliki karakteristik yang primitif  dan tidak berbudaya.
Volume otak mereka lebih kecil dari manusia, oleh karena itu, kemampuan mereka berbicara sangat terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu mereka bunyikan.

Sebagai contoh Phitecanthropus Erectus memiliki volume otak sekitar 900 cc, 
sementara Homo Sapiens memiliki volume otak di atas 1000 cc (otak kera maksimal sebesar 600 cc). 
Maka dari itu bisa diambil kesimpulan bahwa semenjak 20.000 tahun yang lalu, telah ada sosok makhluk yang memiliki kemampuan akal yang mendekati kemampuan berpikir manusia pada zaman sebelum kedatangan Adam.

Surah Al Hijr ayat 27 berisi:
Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. (Al Hijr 15:27)  

. Dari ayat ini, sebagian lain ulama berpendapat bahwa makhluk berakal yang dimaksud tidak lain adalah Jin seperti dalam kitab tafsir Ibnu Katsir mengatakan: 
"Yang dimaksud dengan makhluk sebelum Adam diciptakan adalah Jin yang suka berbuat kerusuhan."

Menurut salah seorang perawi hadits yang bernama Thawus al-Yamani, salah satu penghuni sekaligus penguasa/pemimpin di muka bumi adalah dari golongan jin.
Walaupun begitu pendapat ini masih diragukan karena manusia dan jin hidup pada dimensi yang berbeda. 
Sehingga tidak mungkin manusia menjadi pengganti bagi Jin.

PENCIPTAAN ADAM
Setelah Allah SWT menciptakan bumi, langit dan malaikat,  Allah SWT  berkehendak untuk menciptakan mahluk lain yang nantinya akan dipercaya menghuni, mengisi, serta memelihara bumi tempat tinggalnya. 
Saat Allah SWT mengumumkan para malaikat akan kehendak-Nya untuk menciptakan manusia, mereka khawatir makhluk tersebut nantinya akan membangkang terhadap ketentuan-Nya dan melakukan kerusakan di muka bumi. 
Berkatalah para malaikat kepada Allah SWT :
 Mengapa engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" (Q.S.Al-Baqarah :30)

Allah SWT kemudian berfirman untuk menghilangkan keraguan para malaikat-Nya :
 Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Q.S. Al-Baqarah :30)

Dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan penciptaan suatu makhluk dengan dua cara, dengan seketika atau langsung dan dengan proses bertahap. Proses penciptaan langsung misalnya yang berkaitan dengan mukjizat yaitu ular (dari tongkat nabi Musa as) dan unta betina nabi Shaleh as (yang keluar dari sebuah batu). 
Penegasan penciptaan langsung ini disebutkan dalam Al Quran surat Al Waqiah (56) ayat 35.



QS 56.35. “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung”



Sedangkan proses penciptaan bertahap adalah seperti penciptaan nabi Adam as. 
Proses atau metode terciptanya nabi Adam as disebutkan dalam satu ayat dalam surat Nuh (71) ayat 17. Uniknya adalah ayat dalam surat Nuh ini berada dalam urutan terakhir (urutan ke-19) dari seluruh ayat yang menyebutkan tentang penciptaan nabi Adam as yang tersebar dalam Al Quran. Seolah-olah ayat ini merangkum seluruh proses penciptaan nabi Adam as yang disebutkan ayat-ayat sebelumnya.



QS 71.17. Dan Allah menumbuhkan (anbata) kamu dari bumi (ardh) dengan sebaik-baiknya (nabaatan)



Kata nabaatan diterjemahkan ‘dengan sebaik-baiknya’. Menurut saya kata tersebut adalah akar kata nabati (tumbuhan) jadi seharusnya diterjemahkan ‘seperti tumbuhan’. Bagaimana cara tumbuhan tumbuh? Tentu dengan cara bertahap (perlahan/dengan proses). Begitu jugalah nabi Adam diciptakan. Kata anbata (menumbuhkan) dapat diartikan menghadirkan atau menciptakan dengan suatu proses yang bertahap.


Rincian Tahap Penciptaan
Dalam Al Quran disebutkan bahwa manusia yang saat ini ada adalah keturunan dari Adam as. 
Manusia disebutkan berasal dari saripati tanah, artinya manusia berkembang dari saripati Adam as yang notabene diciptakan dari tanah. 
Saripati tanah = saripati Adam as, artinya disini dari air mani nabi Adam as-lah seluruh manusia dimasa ini berasal.
Ayat-ayat Al Quran yang menjelaskan penciptaan nabi Adam as secara berurutan dari awal hingga akhir adalah sebagai berikut (berjumlah 14 ayat):

1. QS 3.59. Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah (turaab), kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.

2. QS 6.2. Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah (thiyn), sesudah itu ditentukannya ajal……

3. QS 7.12. Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah (thiyn)".

4. QS 15.26. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (shalshal) dari lumpur hitam (hamaain) yang diberi bentuk.

5. QS 15.28. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (shalshal) dari lumpur hitam (hamaain) yang diberi bentuk,

6.  QS 15.33. Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (shalshal) dari lumpur hitam (hamaain) yang diberi bentuk"
 7. QS 17.61. …..mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah (thiyn)?" 
8. QS 18.37. ……"Apakah kamu kafir kepada (Tuhan) yang menciptakan kamu dari tanah (turaab), kemudian dari setetes air mani…..”
9.   QS 20.55. …… Darinya (bumi/tanah(ardh)) itulah Kami menciptakan kamu….. 
10. QS 22.5. ….Kami telah menciptakan kamu dari tanah (turaab), kemudian dari setetes mani….. 
11. QS 23.12. ….Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (sulaatin) dari tanah (thiyn). 
12. QS 30.20. …Dia menciptakan kamu dari tanah (turaab), kemudian tiba-tiba kamu ……. 
13. QS 32.7. …. Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah (thiyn). 
14. QS 35.11. Dan Allah menciptakan kamu dari tanah (turaab) kemudian dari air mani…. 
15. QS 37.11. …… Sesungguhnya Kami telah menciptakan mereka dari tanah liat (thiynillaazib). 
16. QS 38.71. …. kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah (thiyn)" 
17. QS 38.76. ….. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah (thiyn)". 
18. QS 40.67. Dialah yang menciptakan kamu dari tanah (turaab) kemudian dari setetes mani… 
19. QS 53.32. ...Dia menjadikan kamu dari tanah (ardh) dan ketika kamu masih janin … 
20. QS 55.14. Dia menciptakan manusia dari tanah kering (shalshal) seperti tembikar (fakhkhaar)
21. QS 71.17. Dan Allah menumbuhkan (anbata) kamu dari bumi (ardh) dengan sebaik-baiknya
 
Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa:
a. Penciptaan nabi Adam as dilakukan secara bertahap, seperti tumbuhnya tumbuhan dari dalam bumi. Bertahap artinya berproses, tidak serta-merta “cling” ada dari ketiadaan.
b. Al Quran sudah menyebutkan komposisi kimiawi tubuh manusia dari zat-zat makro dan mikro antara lain :
1.    Thiyn sebagai simbol hydrogen (H)
2.    Turaab sebagai simbol oksigen (O)
3.    Hamaa-in sebagai simbol nitroten (N)
4.    Shalshal sebagai simbol karbon (C)
5.    Ardh dan Thiynillaazib sebagai simbol mineral-mineral mikro
Menurut berbagai literature, unsur yang paling banyak dalam tubuh manusia adalah karbon, karena ketika manusia maninggal unsur ini tetap bertahan. Namun sebenarnya jika diperhatikan berat tubuh manusia hidup didominasi oleh air yang mengandung unsur hidrogen dan oksigen.
c. Semua proses perubahan adalah dengan kehendak Allah SWT, sehingga dari unsur-unsur yang mati dapat tercipta sebuah bentuk unsur yang hidup. Hal ini dapat terjadi karena adanya factor ‘kehendak Allah SWT’, artinya jika proses ini dilakukan di laboratorium selama umur bumi pun, jika Allah SWT tidak menghendaki, tidak akan tercipta apapun, bahkan satu rantai molekul protein atau lemak yang sangat sederhana.
d. Manusia tidak akan dapat meniru kerja Allah SWT. Mengubah dari bentuk turaab menjadi kulit, tanah, daging, dan darah adalah proses yang ilmunya hanya dimiliki oleh Allah SWT. 
TEMPAT TINGGAL ADAM
Saat semua makhluk penghuni surga bersujud menyaksikan keagungan Allah SWT itu, hanya Iblis dari bangsa Jin yang membangkang dan enggan mematuhi perintah Allah SWT  karena merasa dirinya lebih mulia, lebih utama, dan lebih agung dari Adam.
Hal itu disebabkan karena Iblis merasa diciptakan dari unsur api, sedangkan Adam hanyalah dari tanah dan lumpur.
Kebanggaan akan asal-usul menjadikannya sombong dan merasa enggan untuk bersujud menghormati Adam seperti para makhluk surga yang lain.
Disebabkan oleh kesombongannya itulah, maka Allah SWT menghukum Iblis dengan mengusirnya dari surga dan mengeluarkannya dari barisan para malaikat disertai kutukan dan laknat yang akan melekat pada dirinya hingga kiamat kelak.

Disamping itu, ia telah dijamin sebagai penghuni neraka yang abadi.
Iblis dengan sombong menerima hukuman itu dan ia hanya memohon kepada Allah SWT untuk diberi kehidupan yang kekal hingga kiamat.
Allah SWT memperkenankan permohonannya itu.
Iblis mengancam akan menyesatkan Adam sehingga ia terusir dari surga.
Ia juga bersumpah akan membujuk anak cucunya dari segala arah untuk meninggalkan jalan yang lurus dan menempuh jalan yang sesat bersamanya.
Allah SWT kemudian berfirman bahwa setan tidak akan sanggup menyesatkan hamba-Nya yang beriman dengan sepenuh hati.

Allah  SWT hendak menghilangkan pandangan miring dari para malaikat terhadap Adam dan menyakinkan mereka akan kebenaran hikmah-Nya yang menyatakan Adam sebagai penguasa bumi,
maka Allah SWT memerintahkan malaikat untuk menyebutkan nama-nama benda.

Para malaikat tidak sanggup menjawab firmanAllah SWT untuk menyebut nama-nama benda yang berada di depan mereka dan mengakui ketidaksanggupan mereka dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui sesuatupun kecuali apa yang diajarkan-Nya.
Adam lalu diperintahkan oleh Allah SWT untuk memberitahukan nama-nama benda itu kepada para malaikat dan setelah diberitahu oleh Adam,
berfirmanlah Allah SWT kepada mereka bahwa hanya Allah SWT lah yang mengetahui rahasia langit dan bumi serta mengetahui segala sesuatu yang nampak maupun tidak nampak.
Ini menunjukkan bahwa manusia memiliki akal yang dinamis.
Sedangkan malaikat hanya memiliki akal yang statis sehingga hanya mengetahui hal-hal yang diajarkan langsung oleh Allah SWT saja.

Adam diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk tinggal di Surga dulu sebelum diturukan ke Bumi.
Allah SWT menciptakan seorang pasangan untuk mendampinginya.
Adam memberinya nama, Hawa.
Menurut cerita para ulama, Hawa diciptakan oleh Allah SWT dari salah satu tulang rusuk Adam sebelah kiri sewaktu beliau masih tidur sehingga saat beliau terjaga, Hawa sudah berada di sampingnya.
Allah SWT berfirman kepada Adam:
Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu syurga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Baqarah:35)

Sesuai dengan ancaman yang diucapkan saat diusir oleh Allah SWT dari surga akibat pembangkangannya, Iblis mulai berencana untuk menyesatkan Adam dan Hawa yang hidup bahagia disurga yang tenteram dan damai dengan menggoda mereka untuk mendekati pohon yang dilarang oleh Allah kepada mereka.

Iblis menipu mereka dengan mengatakan bahwa mengapa Allah SWT melarang mereka memakan buah terlarang itu karena mereka akan hidup kekal seperti Tuhan apabila memakannya.
Bujukan itu terus menerus diberikan kepada Adam dan Hawa sehingga akhirnya mereka terbujuk dan memakan buah dari pohon terlarang tersebut.
Jadilah mereka melanggar ketentuan Allah SWT sehingga Dia menurunkan mereka ke bumi.
Allah SWT berfirman:
 Turunlah kamu! Sebahagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan. (Q.S. Al-Baqarah:36)

Mendengar firman Allah SWT tersebut, sadarlah Adam dan Hawa bahwa mereka telah terbujuk oleh rayuan setan sehingga mendapat dosa besar karenanya.
Mereka lalu bertaubat kepada Allah SWT dan setelah taubat mereka diterima, Allah SWT berfirman:
Turunlah kamu dari Syurga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Adam dan Hawa kemudian diturunkan ke Bumi dan mempelajari cara hidup baru yang berbeda jauh dengan keadaan hidup disurga.
Mereka harus menempuh kehidupan sementara dengan beragam suka dan duka sambil terus menghasilkan keturunan yang beraneka ragam bentuknya.

Menurut kisah Adam diturunkan di Sri Lanka di puncak bukit Sri Pada dan Hawa diturunkan di Arabia.

 Mereka akhirnya bertemu kembali di Jabal Rahmah di dekat Mekkah setelah 40 hari berpisah.
Setelah bersatu kembali, konon Adam dan Hawa menetap di Sri Lanka, karena menurut kisah daerah Sri Lanka nyaris mirip dengan keadaan surga.
Di tempat ini ditemukan jejak kaki Adam yang berukuran raksasa.

Di bumi pasangan Adam dan Hawa bekerja keras mengembangkan keturunan.


ADAM MENURUT YAHUDI DAN KRISTEN
 Kisah tentang Adam terdapat dalam Kitab Kejadian pada Torah dan Alkitab pasal 2 dan 3, dan sedikit disinggung pada pasal 4 dan 5. 
Beberapa rincian lain tentang kehidupannya dapat ditemukan dalam kitab kitab apokrif, seperti Kitab Yobel, Kehidupan Adam dan Hawa dan Kitab Henokh.


Menurut kisah di atas, Adam diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.
Adam kemudian ditempatkan di dalam Taman Eden yang berarti tanah daratan, terletak di hulu Sungai
Pison, Gihon, Tigris, dan Efrat (di sekitar wilayah irak saat ini).
Ia kemudian diperintahkan oleh-Nya untuk menamai semua binatang.
Allah juga menciptakan makhluk penolong, yaitu seorang wanita yang oleh Adam dinamai Hawa.
Adam dan Hawa tinggal di Taman Eden dan berjalan bersama Allah,
tetapi akhirnya mereka diusir dari taman itu karena mereka melanggar perintah Allah untuk tidak
memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.


Setelah diusir dari taman itu, Adam harus bekerja untuk menghidupi keluarganya.
Adam dan Hawa mempunyai tiga orang putra yang disebut dalam Kitab Kejadian, yaitu Kain, habel, Set,
dan sejumlah putra dan putri yang tidak disebutkan jumlahnya.
Kitab Yobel menyebutkan dua orang anak perempuan Adam dan Hawa, yaitu Azura yang menikah dengan
Set dan Awan, yang menikah dengan Kain.
Baik Kitab Kejadian maupun Kitab Yobel menyatakan bahwa Adam mempunyai anak yang lain,
tetapi nama mereka tidak disebutkan.


Menurut silsilah Kitab Kejadian, Adam meninggal dunia pada usia 930 tahun.
Dengan angka-angka seperti itu, perhitungan seperti yang dibuat oleh Uskup Agung Ussher,
memberikan kesan bahwa Adam meninggal hanya sekitar 127 tahun sebelum kelahiran Nuh,
sembilan generasi setelah Adam.
Dengan kata lain, Adam masih hidup bersama Lamekh (ayah Nuh) sekurang-kurangnya selama 50 tahun.
Menurut Kitab Yosua, kota Adam masih dikenal pada saat bangsa Israel menyeberangi Sungai Yordan untuk memasuki Kanaan.


Menurut legenda, setelah diusir dari Taman Eden, Adam pertama kali menjejakkan kakinya di muka bumi di sebuah gunung yang dikenal sebagai Puncak Adam atau Al-Rohun yang kini terdapat di Sri Lanka.

 MANUSIA MENURUT BANGSA NORWEGIA
 Dalam mitos Norwegia, sebelum bumi muncul ada dua dunia:
"Muspell adalah sebuah tempat cahaya dan panas, api baranya sangat panas, siapa yang bukan asli dari sana tidak akan bisa bertahan.
 Surt duduk di perbatasan Muspell, menjaga daratan tersebut dengan pedang yang membara.
Pada akhir dunia dia akan mengalahkan semua Dewa dan membakar semua dunia dengan apinya.

Di luar Muspell terletak kehampaan yang besar dan menguap namanya Ginnungagap, Ginnungagap terletak dalam kegelapan, ruang lingkup dingin dari"Niflheim", "Niflheim" adalah sebuah daratan yang dingin dan beku. Es, salju, angin, hujan dan dingin berat terpancar dari Niflheim, ketemu di Ginnungagap adalah udara lembut, panas, cahaya dan udara lembut dari Muspell. 
Ketika dingin dan beku dari Nifheim dan api bara dari Muspell bersentuhan, terjadilah tetesan yang mencair, cairan yang mengalir ini bergerak ke nenek moyang manusia raksasa Ymir.

Ymir tidur nyenyak. 
Di bawah lengan kirinya tumbuh seorang pria dan seorang wanita. 
Dan salah satu kakinya muncul anak lelaki dan lainnya. Ini adalah awal permulaan dari manusia raksasa yang mencair. 
Cairan salju tersebut kemudian berubah menjadi sapi raksasa yang disebut Audhumla. empat buah sungai susu mengalir dari putting susunya dan ia memberi minum Ymir. 
Sapi tersebut menjilat es asin yang beku. Setelah sehari, dia membebaskan rambut seorang pria dari es tersebut. 
Setelah dua hari, kepalanya muncul, pada hari ketiga seluruh tubuh pria tersebut muncul, namanya Buri, dia tinggi, kuat dan tampan.

Buri mempunyai seorang anak laki namanya Bor, Bor menikah dengan Bestla anak perempuan dari manusia raksasa. 
Bor dan Bestla memiliki tiga anak laki: Odin, Vili dan Ve'.
 Dipercaya bahwa Odin adalah penguasa langit dan bumi. 
Dia adalah paling besar dan paling popular di antara semua pria.

Ketika Ymir jatuh, dari lukanya mengalir darah yang membanjir, hingga semua raksasa beku cair, kecuali raksasa Bergelmir, dia melarikan diri bersama istrinya dengan memanjat ke Lur (sebatang pohon yang kosong di dalamnya dan bisa berfungsi sebagai perahu). 
Dari sana berkembang keluarga raksasa cair.

Anak laki Bor kemudian membawa Ymir ke tengah Ginnungagap dan menciptakan dunia darinya. 
Dari darahnya mereka membuat laut dan danau; dari dagingnya dibuat bumi; dari rambutnya dibuat pepohonan; dan dari tulangnya dibuat gunung. 
Mereka membuat batu dan kerikil dari gigi dan taring dan tulangya yang hancur.

Dwarfs terjadi dari daging Ymir dan menjadi hidup. 
Dengan perintah Tuhan mereka mendapatkan pemahaman manusia dan muncul di antaranya, walaupun mereka hidup di bumi dan di batu. 
Dari tenggorak Ymir anak Bor menciptakan langit dan mengaturnya di atas langit dengan empat penjuru, di setiap penjuru mereka meletakan sebuah dwarf, namanya adalah Timur, Barat, Utara dan Selatan.
 Mereka mengambil bintang dan membakar bara api yang terbang melewati setelah mereka meledakan Muspell, dan menempatkan mereka di tengah-tengah Ginnungagap untuk memberikan cahaya ke surga dan di bawah bumi.
 
Mereka kemudian menempatkan lokasi bintang tersebut. 
Bumi dikelilingi oleh laut yang dalam, Anak Bor memberikan daratan dekat laut untuk tempat tinggal keluarga raksasa. 
Untuk melindungi mereka dari musuh raksasa, anak Bor kemudian membuat pegangan pulau dengan menggunakan kening Ymir, mereka namakan itu Midgard. 
Ketika berjalan sepanjang pantai, anak Bor menemukan dua pohon, dia kemudian menciptakan sepasang pria dan wanita dari pohon tersebut.

Odin memberi spirit dan kehidupan pada pria dan wanita tersebut. 
Vili memberikan mereka pemahaman dan kekuatan bergerak, Ve' memberikan mereka pakaian dan nama, yang pria disebut Ask (Ash) dan yang wanita disebut Embla (Elm). 
Dari Ask dan Embla menurunkan ras pria yang hidup di Midgard.
Di tengah dunia ini anak Bor membangun benteng kuat untuk mereka namanya Asgard, generasi berikutnya disebut Troy. 
Tuhan dan keluarganya hidup di Asgard, banyak kejadian-kejadian yang terkenang terjadi di sini. 
Di Asgard, ada bangunan besar namanya Hlidskjálf. 
Odin duduk di sana pada kursi tinggi. 
Dari sana dia bisa melihat seluruh dunia dan dapat melihat apa yang dilakukan setiap orang. 
Dia memahami semua yang dilihatnya.

Odin menikah dengan Frigg, anak dari Fjörgvin. 
Keluarga ini menjadi semua keluarga yang menghuni di Asgard kuno dan kerajaan tersebut menjadi miliknya. 
Anggota keluarga ini disebut Æsir, dan mereka semuanya dewa. 
Ada alasannya mengapa Odin disebut Bapak dari semuanya. 
Dia adalah Bapak dari semua Tuhan dan pria dari semuanya yang diciptakan oleh kekuatannya. 
Bumi adalah anak perempuan Odin dan juga istrinya. 
Mereka punya anak sulung namanya Thor. Karakter Thor berkuasa dan kuat. 
Dengan ini dia mendominasi semua kehidupan.

Semua orang yang diberitahu mengetahui, 
Tuhan membuat jembatan dari bumi ke surga yang disebut Bifröst. 
Ada yang menyebutnya pelangi.
 Ia mempunyai tiga warna dan sangat kuat, bila dibandingkan dengan struktur lainnya ia dibuat 
dengan kecekatan dan kecerdasan tinggi, namun sangat kuat, ia akan putus bila anak Muspell menaikinya. 
Tuhan tidak akan marah bila struktur ini putus. 
Bifröst adalah jembatan bagus, namun di dunia ini tidak ada yang bisa 
 diandalkan jika anak Muspell sedang berperang. 
Sangsi dari Tuhan adalah oleh pohon Ash yaitu Yggdrasil. 
Mereka mengadakan pengadilan harian. 
Yggdrasil adalah yang paling bagus dan paling agung dari semua pohon. 
Ranting-rantingnya berkembang ke seluruh dunia dan naik ke atas mencapai surga.
 
MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA PERSIA

 Dewa paling tinggi dalam mitos Persia Ahura Mazda menciptakan dunia, Alborz Mo , pengunungan Alburz tumbuh 800 tahun akhirnya mencapai langit. Dari sana hujan turun dan membentuk laut Vourukasha dan dua sungai utama. Binatang pertama di dunia kerbau putih hidup di pinggir sungai Veh Rod, namun dewa jahat Persia Angra Mainyu membunuhnya. Bibitnya dibawa ke bulan dan dimurnikan, terciptalah binatang-binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Di seberang sungai hidup manusia pertama, Gayomard bercahaya seperti matahari. Angra Mainyu juga membunuhnya. Aduh! Matahari memurnikan bibitnya selama 40 tahun, kemudian tumbuh tanaman kelemabak (tanaman dengan tangkai banyak air untuk dimasak). Tanaman ini tumbuh menjadi Mashya dan Mashyanag, manusia yang pertama. Dalam mitos agama Penyebah Api, pertempuran antara dewa paling tinggi Ahura Mazda dengan dewa jahat Angra Mainyu berlangsung selama 12.000 tahun, dalam 3000 tahun pertama, dunia cemerlang Ahura Mazda dan dunia gelap Angra Mainyu bersama-sama eksis, umat manusia paling awal juga digoda dan disesatkan oleh kejahatn dan kegelapan.

Angra Mainyu tidak membunuh Mashya dan Mashyanag seperti membunuh kerbau putih, namun ia menyesatkan mereka agar menyembah dia. Setelah 50 tahun mereka melahirkan sepasang anak, namun dibawah arahan sesat Angra Mainyu sepasang suami istri ini memakan anaknya, hingga berdosa terhadapnya. Setelah itu dewa tertinggi Ahura mengembalikan sifat hakiki dari Mashya and Mashyanag, setelah itu makin banyak anak yang lahir, mereka akhirnya menjadi manusia yang paling awal.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA BABYLON
Babylon: Dewi Kejahatan Setelah Meninggal Menciptakan Langit dan Bumi 
Mitos pencipta Babylonian Enuma Elish mulai Dewa air Apsu (segar) dan Tiamat (garam) melahirkan beberapa generasi Dewa langit. Dalam beberapa Dewa langit Ea adalah kakak sulung, di sampingnya ada banyak adik. Namun, Dewa kecil langit yang belum dewasa sangat ribut, hingga Apsu dan Tiamat tidak bisa tidur, hingga Apsu menyusun rencana untuk membunuh dewa-dewa kecil ini, namun rencana ini bocor, Ea malah duluan bergerak membunuh Apsu.

Setelah Tiamat tahu, dia bersumpah akan membalas dendam, dia menciptakan banyak monster, diantaranya termasuk: anjing gila, manusia kalajengking, manusia setengah kerbau dan naga raksasa dan sebagainya. Ea dan Dewa Damkina menciptakan Marduk, Dewa raksasa dengan empat mata dan empat telinga, Marduk menjadi dewa pelindung. Dalam perang jahat antara Marduk dan Tiamat, Marduk menggunakan sebatang anak panah memanah dan mengenai jantungnya. Dia kemudian menyobek tubuhnya menjadi dua bagian, terciptalah langit dan bumi, setelah itu dia menciptakan umat manusia, agar manusia kerja keras mengerjakan pekerjaan yang dewa tidak ingin lakukan, misalnya: pertanian, telemarketing dan accounting. (belakang ini Marduk muncul di Cartoon Network Sealab 2020!)

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA MESIR KUNO

Mesir Kuno: Pada Awalnya, Dunia Berada Dalam Kondisi Kacau Balau
Dalam mesir kuno banyak cerita mitos penciptaan. Semua dimulai dari adukan tak teratur, dewa langit Nu (ataun Nun). Atum mengharapkan dia mempunyai roh dan tubuh fisik, setelah itu dia menciptakan sebuah bukit kecil, bila tidak dalam dunia yang kacau-balau dia dia tidak ada tempat untuk berpijak. Atum adalah dewa yang bukan pria maupun wanita, matanya bisa memandang segala hal. Dari mulutnya dikeluarkan seorang anak, Shu adalah dewa udara; setelah itu dia keluarkan dari mulutnya lagi seorang anak perempuan, Tefnut dewa dari kelembaban. Mereka berdua diberi tugas mengubah kondisi semrawut alam semesta, Shu dan Atum menciptakan Geb dewa bumi dan juga Nut dewa langit, pada mulanya Geb dan Nut berlilit jadi satu, namun Geb berusaha tegak kembali, kemudian secara perlahan-lahan tatanan dunia baru akhirnya terbentuk, namun Shu dan Geb hilang dalam kegelapan.

Atum mengorek mata dirinya untuk mencari Shu dan Geb, akhirnya SHu dan Geb berhasil kembali ke sisi Atum. Atum sangat gembira, sangat terharu hingga meneteskan air mata, setiap tetesan airmatanya jatuh ke bumi terciptalah seorang manusia.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA AZTESCS
Aztescs di Mesiko Kuno 
Dalam mitos bangsa ibu dari bumi adalah Aztescs Coatlicue, maksud nama ini adalah "rok ular", dalam mitos dia dilukiskan sangat menakutkan, dia memakai rantai di leher yang dibuat dari tangan manusia dan jantung, roknya dililit oleh ular-ular berbisa. Pada awalnya dalam tubuhnya ibu bumi Aztescs kemasukan pisau batu hitam dia jadi hamil dan melahirkan dewi bulan Coyolxauhqui, belakangan dia melahirkan 400 orang anak lagi, semua ini menjadi gugus bintang di langit selatan..

Setelah itu dari langit terbang dan turun suatu benda berbentuk bola berbulu ungas, Coatlicue menemukan dan menaruh sistem bola ini di pinggangnya, ini membuatnya hamil sekali lagi. Kehamilan ini membuat dewi bulan Coyolxauhqui dan 400 anaknya kaget dan marah besar, namun anak dalam perut Coatlique adalah Huitzilopochtli dewa perang dan matahari, dia meloncat keluar dari rahim ibunya, begitu dia keluar badannya sudah pakai baju lapis baja, dengan cepat dia tumbuh jadi dewasa.

Huitzilopochtli demi menghibur ibunya Coatlicue, dia kemudian menyerang dewi bulan Coyolxauhqui, di bawah bantuan ular api dia kemudian membunuh dewi bulan, Huitzilopochtli memenggal kepalanya dan dilemparkan ke langit, kepala ini dalam sekejab berubah menjadi bulan di langit.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA CHINA
China: Pangu Membuka Langit, Nuwa Menciptakan Manusia
Benih telor alam semesta ngambang dalam ruang dimensi alam yang abadi, dia termasuk dua efek yang saling bertentangan: Yin dan Yang. Setelah beberapa reinkarnasi, Pangu dilahirkan, bagian yang terpenting dalam benih telor ---- Yin turun menjadi daratan, yang lebih ringan--- Yang membubung membentuk langit.

Pangu kwatir langit dan bumi menyatu lagi, dia lantas menggunakan tangan dan kakinya menopang langit dan bumi, dia tiap hari tumbuh sepanjang 10 inch, setelah 18.000 tahun ketinggian langit sudah mencapai 30.000 mil. Setelah tugas Pangu selesai, dia kemudian meninggal, bagian dari tubuhnya berubah menjadi materi hakiki alam semesta. Dewi Nuwa menjadi sangat sepi, dia kemudian mengambil lumpur dari sungai Huang untuk membuat manusia, dengan begitu manusia pertama muncul, kemudia dia pakai ranting pohon dan mengambil lumpur dan melemparnya ke tanah, beberapa titik lumpur kecil berubah menjadi umat manusia.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA JEPANG

Jepang: Bumi Adalah Pulau yang Menyendiri
Dewa langit menciptakan dua bersaudara: kakaknya Izanag,i adik perempuan Izanami, mereka berdiri di jembatan mengambang di atas lautan primitif. Menggunakan tombak panjang mutiara dewa mengaduk di laut hingga terbentuklah pulau pertama Onogoro, di atas pulau ini mereka hidup sebagai suami istri.

Dewa marah kepada mereka karena mengingkari janji, sepasang suami istri ini menggunakan tongkat panjang mutiara lagi membentik pulau Jepang dan dewa-dewa dalam lautan, namun ketika dewa api Kagutsuchi-no-Kami dilahirkan, Izanami meninggal. Izanagi sangat sedih kemudian dia mengikuti roh Izanami datang ke neraka yang dikendalikan Yomi, Izanami makan makanan Yomi dan tidak izinkan reinkarnasi kembali.

Ketika Izanagi tiba-tiba melihat jasad Izanami yang mebusuk dia ketakutan dan melarikan diri, roh Izanami sangat marah dan terus mengejar Izanagi. Akhirnya, Izanagi berhasil melarikan diri dan keluar dari lubang neraka, dia kemudian mengikat diri dengan sebuah batu besar, selamanya berpisah dengan kematian, dia tidak ingin ke neraka lagi.

 MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA INDIA
India: Prisip Alam Semesta dan Langit Brahma 
Banyak mitos pencipta terdapat dalam kosmologi Hindu. Dalam bahasa Vedic text, alkitab Rig Veda, dilukiskan mitos Hindu, Dewa yang sangat besar Purusha mempunyai ribuan kepala, mata dan kaki, dia memeluk seluruh bumi, sepuluh jarinya bila diperpanjang dapat menjangkau langit,

Ketika dewa langit memuja Purusha, tubuhnya mengeluarkan minyak mentega yang jernih, minyak ini kemudian berubah menjadi ungas dan binatang. Kemudian tubuh Purusha transformasi menjadi fondasi jutaan makhluk di dunia, serta menjadi dewa api Agni, dewa langit serta Indra , juga dari tumbuhnya tercipta empat kasta dalam masyarakat India: Brahmana, Bangsawan, ksatria, dan sudra. Menurut perkembangan sejarah terakhir, triniti dari Brahma Pencipta), Vishnu (pemelihara) dan Shiva (penghancur) menyatu ke permukaan. Brahma muncul dalam sebuah lotus yang sedang mekar dari pusat Nishnu yang tidur. Brahma menciptakan alam semesta, yang akan berakhir satu harinya, atau 4,32 juta tahun. Kemudian Shiva menghancurkan alam semesta dan sikuls dimulai lagi.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA YUNANI DAN TITAN

Yunani dan TitanAbad ke VIII S.M dalam sajak mitos yang dicatat oleh orang Yunani Hesiod's Theogony, kondisi semrawut alam semesta primitif mulai dari dewa yang primitif, termasuk Dewi Gaia (ibu bumi). Gaia menciptakan langit Uranus untuk menutup dirinya., Uranus adalah Dewa primitive yang paling tinggi, dia adalah evolusi dari langit, anak dan pasangan Dewi Bumi. Uranus mengendalikan langit dan melindungi Gaia, Aai dan Gaia melahirkan dewa-dewa, kumpulan binatang aneh dan monster, termasuk Hecatonchires monster dengan 50 kepala dan seratus tangan, dan Cyloped "mata roda", matanya sebesar mata tunggal raksasa sebesar poros roda.

Gaia dan Uranus melahirkan 6 anak laki dan 6 anak perempuan. Uranus sangat tidak suka beberapa anak perempuannya yang rupanya mirip dan aneh, maka dia mengurungnya di Tartarus (lubang dalam di bawah neraka yang gelap tanpa matahari). Terhadap hal ini, Dewi Bumi Gaia sangat marah, dia memberi sebuah pisau besar ke anak bungsunya Cronus, bahkan memberitahu dia rencana membunuh Uranus.
Ketika Uranus mendekati Gaia mencoba bermesraan, anak bungsunya Cronus tiba-tiba meloncat keluar dan memotong alat kemaluan Uranus, ketika darah Uranus mengalir di lantai, terciptalah ras manusia raksasa, monster dan dewi pembalas dendam.

Dari busa laut yang diaduk oleh buah pelir suci munculah dewa Aphrodite. Kemudian, ayah Cronus generasi dewa berikut, ,Zeus dan Olympian.

MANUSIA MENURUT TEORI CHARLES DARWIN

Darwin mengajukan penyataannya bahwa manusia dan kera berasal dari satu nenek moyang yang sama dalam bukunya The Descent of Man, terbitan tahun 1871. Sejak saat itu hingga sekarang, para pengikut jalan Darwin telah mencoba mendukung pernyataannya. Tatapi meskpun berbagai penelitian telah dilakukan, pernyataan mengenai "evolusi manusia" tidak didukung oleh penemuan ilmiah yang nyata, khususnya dalam hal fosil.
Kebanyakan masyarakat awam tidak menyadari kenyataan ini, dan berfikir bahwa pernyataan evolusi manusia didukung oleh banyak bukti yang kuat. Penyebab adanya opini yang keliru ini adalah bahwa permasalahan ini sering dibahas dalam media dan dihadirkan sebagai fakta yang terbukti. Tetapi yang benar-benar ahli dalam masalah ini menyadari bahwa tidak ada landasan ilmiah bagi pernyataan evolusi manusia. David Pilbeam, ahli paleoanthropologi dari Harvard University, mengatakan: “Jika Anda mengundang seorang ilmuwan dari bidang ilmu yang lain dan menunjukkan padanya sedikitnya bukti yang kita miliki ia tentu akan mengatakan, "Lupakan saja; itu tidak cukup untuk diteruskan.”
Dan William Fix, seorang penulis sebuah buku penting dalam bidang paleoanthropologi, berkomentar: “Seperti yang telah kita lihat, ada banyak ilmuwan dan orang-orang populer saat ini yang memiliki nyali untuk mengatakan bahwa ‘tidak ada keraguan’ tentang bagaimana manusia berasal. Jika saja mereka memiliki bukti.”
Tetapi apakah landasan gagasan evolusi manusia yang diajukan oleh para evolusionis? Ialah adanya banyak fosil yang dengannya para evolusionis bisa membangun tafsiran-tafsiran khayalan. Sepanjang sejarah, telah hidup lebih dari 6.000 spesies kera, dan kebanyakan dari mereka telah punah. Saat ini, hanya 120 spesies yang hidup di bumi. Enam ribu atau lebih spesies kera ini, di mana sebagian besar telah punah, merupakan sumber yang melimpah bagi evolusionis.Pernyataan evolusi ini, yang "miskin akan bukti," memulai pohon kekerabatan manusia dengan satu kelompok kera yang telah dinyatakan membentuk satu genus tersendiri, Australopithecus. Menurut pernyataan ini, Australopithecus secara bertahap mulai berjalan tegak, otaknya membesat, dan ia melewati serangkaian tahapan hingga mencapai tahapan manusia sekarang (Homo sapiens). Tetapi rekaman fosil tidak mendukung skenario ini. Meskipun dinyatakan bahwa semua bentuk peralihan ada, terdapat rintangan yang tidak dapat dilalui antara jejak fosil manusia dan kera. Lebih jauh lagi, telah terungkap bahwa spesies yang digambarkan sebagai nenek moyang satu sama lain sebenarnya adalah spesies masa itu yang hidup pada periode yang sama. Ernst Mayr, salah satu pendukung utama teori evolusi abad ke-20, berpendapat dalam bukunya One Long Argument bahwa "khususnya [teka-teki] bersejarah seperti asal usul kehidupan atau Homo sapiens, adalah sangat sulit dan bahkan mungkin tidak akan pernah menerima penjelasan akhir yang memuaskan."
Di lain pihak, terdapat perbedaan yang berarti dalam susunan anatomi berbagai ras manusia. Terlebih lagi, perbedaannya semakin besar antara ras prasejarah, karena seiring dengan waktu ras manusia setidaknya telah bercampur satu sama lain dan terasimilasi. Meskipun demikian, perbedaan penting masih terlihat antara berbagai kelompok populasi yang hidup di dunia saat ini, seperti, sebagai contoh, ras Scandinavia, suku pigmi Afrika, Inuits, penduduk asli Australia, dan masih banyak lagi yang lain.
Tidak terdapat bukti untuk menunjukkan bahwa fosil yang disebut hominid oleh ahli paleontologi evolusi sebenarnya bukanlah milik spesies kera yang berbeda atau ras manusia yang telah punah. Dengan kata lain, tidak ada contoh bagi satu bentuk peralihan antara manusia dan kera yang telah ditemukan.
Setelah semua penjelasan umum ini, sekarang mari kita telaah bersama hipotesis evolusi manusia.

Pohon Kekerabatan Manusia Yang Dibuat-Buat
Pernyataan Darwin mendukung bahwa manusia modern berevolusi dari sejenis makhluk yang mirip kera. Selama proses evolusi tanpa bukti ini, yang diduga telah dimulai dari 5 atau 6 juta tahun yang lalu, dinyatakan bahwa terdapat beberapa bentuk peralihan antara manusia moderen dan nenek moyangnya. Menurut skenario yang sungguh dibuat-buat ini, ditetapkanlah empat kelompok dasar sebagai berikut:
1. Australophithecines (berbagai bentuk yang termasuk dalam genus Australophitecus)
2. Homo habilis
3. Homo erectus
4. Homo sapiens
Genus yang dianggap sebagai nenek moyang manusia yang mirip kera tersebut oleh evolusionis digolongkan sebagai Australopithecus, yang berarti "kera dari selatan." Australophitecus, yang tidak lain adalah jenis kera purba yang telah punah, ditemukan dalam berbagai bentuk. Beberapa dari mereka lebih besar dan kuat ("tegap"), sementara yang lain lebih kecil dan rapuh ("lemah")
Para evolusionis menggolongkan tahapan selanjutnya dari evolusi manusia sebagai genus Homo, yaitu "manusia." Menurut pernyataan evolusionis, makhluk hidup dalam kelompok Homo lebih berkembang daripada Australopithecus, dan tidak begitu berbeda dengan manusia moderen. Manusia moderen saat ini, yaitu spesies Homo sapiens, dikatakan telah terbentuk pada tahapan evolusi paling akhir dari genus Homo ini. Fosil seperti "Manusia Jawa," "Manusia Peking," dan "Lucy," yang muncul dalam media dari waktu ke waktu dan bisa ditemukan dalam media publikasi dan buku acuan evolusionis, digolongkan ke dalam salah satu dari empat kelompok di atas. Setiap pengelompokan ini juga dianggap bercabang menjadi spesies dan sub-spesies, mungkin juga. Beberapa bentuk peralihan yang diusulkan dulunya, seperti Ramapithecus, harus dikeluarkan dari rekaan pohon kekerabatan manusia setelah disadari bahwa mereka hanyalah kera biasa.
Dengan menjabarkan hubungan dalam rantai tersebut sebagai "Australopithecus > Homo Habilis > Homo erectus > Homo sapiens," evolusionis secara tidak langsung menyatakan bahwa setiap jenis ini adalah nenek moyang jenis selanjutnya. Akan tetapi, penemuan terbaru ahli paleoanthropologi mengungkap bahwa australopithecines, Homo habilis dan Homo erectus hidup di berbagai tempat di bumi pada saat yang sama. Lebih jauh lagi, beberapa jenis manusia yang digolongkan sebagai Homo erectus kemungkinan hidup hingga masa yang sangat moderen. Dalam sebuah artikel berjudul "Latest Homo erectus of Java: Potential Contemporaneity with Homo sapiens ini Southeast Asia," dilaporkan bahwa fosil Homo erectus yang ditemukan di Jawa memiliki "umur rata-rata 27 ± 2 hingga 53.3 ± 4 juta tahun yang lalu" dan ini "memunculkan kemungkinan bahwa H. erectus hidup semasa dengan manusia beranatomi moderen (H. sapiens) di Asia tenggara"
Lebih jauh lagi, Homo sapiens neanderthalensis (manusia Neanderthal) dan Homo sapiens sapiens (manusia moderen) juga dengan jelas hidup bersamaan. Hal ini sepertinya menunjukkan ketidakabsahan pernyataan bahwa yang satu merupakan nenek moyang bagi yang lain.
Pada dasarnya, semua penemuan dan penelitian ilmiah telah mengungkap bahwa rekaman fosil tidak menunjukkan suatu proses evolusi seperti yang diusulkan para evolusionis. Fosil-fosil, yang dinyatakan sebagai nenek moyang manusia oleh evolusionis, sebenarnya bisa milik ras lain manusia atau milik spesies kera.

 Seperti itulah yg bisa saya Ambil dari Berbagai Sumber dan teman blogger yg tidak bisa disebutkan satu persatu link nya.
Jika Ada Kesalahan saya Mohon Maaf yang Sebesar - besarnya.
dan Mohon Pencerahannya.
Terimakasih.

print halaman iniPrint halaman ini

95 comments:

animasi mengatakan...

karena allah tidak pernah bohong,bahwa semua yang dianggap manusia tidak mungkin ,namun bagi allah itu tidak ada yang tidak mungkin ...............

siti fatimah mengatakan...

subahanallah....

fadly syahril mengatakan...

ya sya smpt kgum jg ne atas pngetahuan anda bnar" dalam jg yah,,,,
yah memang benar cerita" yng anda uraikan tuh benar ada dalam al-qur'an,,,
ma ksih yah sya jadi lebih tau banyak lagi ne,,,,,,

Anonim mengatakan...

maaf, sepertinya anda tidak mencantumkan baik referensi, dalil dalam al quran atau hadist beserta perawinya. anda jgn sembarangan membuat kisah ini, karena ini adalah kisah nabi allah SWT. dan sptnya kata"allah" pun tidak anda cantumkn SWT-nya. saya ragu dgn anda

Anonim mengatakan...

hahaha..onon-ono wae..mosok adam bhasa araf???
bukannya bahasa batak coi?? hehehe

Anonim mengatakan...

setiap bangsa didunia punya cerita genesis masing masing, puluhan versi, ada yang berasal dari tanah, batu, pohon angin, dan lainnya,yang menarik ada beberapa clue yang sangat penting, adalah bagian yg menceritakan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya, dari taman firdaus ke dunia, dari utara berlayar ke selatan, dari langit ke bumi dan sebagainya, ini clue purba mengenai migrasi yg mampu diingat manusia, meskipun sangat sayup sayup dalam ingatan, migrsi sangat penting dalam sejarah manusia, bisa karena bencana, peperangan, pandemi, pengusiran, aneksasi bangsa satu ke bangsa lainnya, seperti yang kita lihat sisanya masa kini, kenapa bangsa arab selalu bermusuhan dengan bangsa yahudi, dan mengenang fir'aun dalam hujatan, ya karena mereka ber interaksi di local yang sama dan saling mendominasi, mereka tidak pernah menyebut bangsa bangsa di mikronesia,polynesia dll sebagai musuhnya, ya memang tidak pernah bertemu dan berebut sumber air dan akses ke tanah tanah yang subur

Anonim mengatakan...

setiap bangsa didunia punya cerita genesis masing masing, puluhan versi, ada yang berasal dari tanah, batu, pohon angin, dan lainnya,yang menarik ada beberapa clue yang sangat penting, adalah bagian yg menceritakan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya, dari taman firdaus ke dunia, dari utara berlayar ke selatan, dari langit ke bumi dan sebagainya, ini clue purba mengenai migrasi yg mampu diingat manusia, meskipun sangat sayup sayup dalam ingatan, migrsi sangat penting dalam sejarah manusia, bisa karena bencana, peperangan, pandemi, pengusiran, aneksasi bangsa satu ke bangsa lainnya, seperti yang kita lihat sisanya masa kini, kenapa bangsa arab selalu bermusuhan dengan bangsa yahudi, dan mengenang fir'aun dalam hujatan, ya karena mereka ber interaksi di local yang sama dan saling mendominasi, mereka tidak pernah menyebut bangsa bangsa di mikronesia,polynesia dll sebagai musuhnya, ya memang tidak pernah bertemu dan berebut sumber air dan akses ke tanah tanah yang subur

Anonim mengatakan...

kecerdasan sprituil anda bagus.. tapi kita manusia hanya bisa menerka yang lebih tahu hanya allah swt.. dari maka itu kita mencari bekal untuk masa di akhirat nanti dan terjawablah semuanya

Terimakasih atas informasinya

Sarwo Edi mengatakan...

Sangat bagus kehendak allah aku jadi mempunyai banyak ilmu yg ku dapat.subhanaullah

Sarwo Edi mengatakan...

Sangat bagus kehendak allah aku jadi mempunyai banyak ilmu yg ku dapat.subhanaullah

Wand Kt mengatakan...

kisahnya hampir sempurna walau msh ada bgian2 yg kurg lgkap..bgi rekan2 yg mau tau persis hrus melalui pembimbing lansung dan tdk bs baca dri buku2 atau kisah2,krna apa2 yg ditulis kdg py mkna yg berbeda,knp saya blg bgtu??...saya ambil 1 contoh "siksa kubur" knp yg ditulis siksa kubur?'sdgkn yg dikubur cuman bangke kita,apa mgkin bangke kita yg disiksa??tentu tdak bkn??disinilh kta perlu pembimbing lasung biar tdk slh pemahamn...smga bermnf't.

Anonim mengatakan...

Ada cerita : satu di jepang dan satu di Indonesia sendiri
Di jepang, diceritakan bahwa kaisar jepang merupakan keturunan dewi matahari (cari sendiri ceritanya). Tentunya kita sbg orang non jepang akan menertawakan itu, mana mungkin matahari mempunyai keturunan manusia. Nah itulah salah satu cara, bagaimana cara mengangkat derajat sosial, memutus jalur keturunan yang berasal dari rakyat jelata, maka dibuatkan kisah.. kaisar jepang berasal dari keturunan dewi matahari.. ya kita cuma bisa hi hi hi hi hi, lucu, aneh bin ajaib
Di Indonesia, ada cerita maling kundang, tahu kan maling kundang, itu manusia tidak mau mengakui dan malu akan ibunya yang dari rakyat jelata.. padahal maling kundang anak dari ibu yang jelata itu..wah, terkutuk dia.. orang tua yang jelata tidak diakui dan malu punya orang tua seperti dia (ibunya).. dikutuklah jadi batu.

Apakah kita mau buat cerita kaya di jepang, atau
Apakah kita akan seperti maling kundang, malu akan orang tuanya? Akankan manusia malu kalau mempunyai leluhur yang lebih jelata lagi dari ibunya maling kundang.. Ibunya maling kundang itu lumayan lo, masih manusia…. La kalo dibilang kita keturunan yang lebih rendah dari rakyat jelata apa kita keberatan… itulah yang terjadi sekarang… manusia malu mengakui akan leluhurnya….
Fakta dan nyata bahwa manusia dan primata mirip kalo tidak boleh dibilang sama……98% gennya sama.. maka, kenapa? akuilah saja bahwa primata itu saudara… alias mbahnya mbahnya orang dan mbahnya mbahnya primata itu sama…
Ee ingat lo… manusia bukan keturunan primata/monyet ….. tapi mbahnya manusia dan mbahnya primate sama …. Nah… mari kita jadi maling kundang saja… mari kita ingkari leluhur/orangtuanya orang tua kita dulu/mbahnya mbah kita dulu adalah seperti itu, makhuk purba yang nguk-nguk-nguk juga.
Hanya karena malu mengakui leluhur yang nguk-nguk-nguk, maka, mari kita jadi maling kundang…

indra tj mengatakan...

Maaf.
Ni saya sdkt heran.
Adam adalah manusia pertama, 0t0matis manusia tdak ada sebelum dia,
bagaimana bisa ni di ceritakan, di sampaikan sebagus ini.
Sumbernya dari mana.
Ok lah jika salah satu referensinya qur an. Tp stahu saya qur' an gak serinci ini membahas.

indra tj mengatakan...

Maaf.
Ni saya sdkt heran.
Adam adalah manusia pertama, 0t0matis manusia tdak ada sebelum dia,
bagaimana bisa ni di ceritakan, di sampaikan sebagus ini.
Sumbernya dari mana.
Ok lah jika salah satu referensinya qur an. Tp stahu saya qur' an gak serinci ini membahas.

indra tj mengatakan...

Maaf.
Ni saya sdkt heran.
Adam adalah manusia pertama, 0t0matis manusia tdak ada sebelum dia,
bagaimana bisa ni di ceritakan, di sampaikan sebagus ini.
Sumbernya dari mana.
Ok lah jika salah satu referensinya qur an. Tp stahu saya qur' an gak serinci ini membahas.

Bikin penasaran untuk dipelajari ya..
Sekaligus mencari asal usul kita..
Adam, manusia modern pertama..

Anonim mengatakan...

kalo menurut saya sih gak masuk akal, masa ciptakan adam tanahnya diambil dari berbagai negara, adam di ciptakan dari segumpal tanah tok dan itu diambil tanahnya di jawa, krn sejarah asal muasal kehidupan dari jawa

Anonim mengatakan...

Allah Maha dalam SEGALANYA

Anonim mengatakan...

assalam.....
setiap penulisan bolehlah verrsi masing 2 menurut kepercaan anda,semua bagus and benar ada'y,tp yg mesti kita hrs ingat kebenaran itu hanya haq milik 'y allah azza wa jalla semata.........

perlu kita tw yg menulis/buat artikel inikan manusia biasa sm jg seperti kita umum'y,jd dah pasti dong khilaf bisa menyertai'y................wassalam

Anonim mengatakan...

semua mahluk diciptakan dari bahan yang sama. dalam proses kejadian yang unik. kisahnya mungkin tak sederhana itu. kejadian manusia pertama dan mahluk lain yang pertama pula dijadikan adalah suatu proses yang sitematis. perlu kajian dan analisis ilmiah tentang itu semua. cerita anda mirip dongeng saja. Maha Suci Tuhan. tak mungkin dalam penciptaan mahluk mengotori DZATNYA.

Lamboreo potret mengatakan...

Saya kagum dgn pendapat anda,,
knapa manusia smakin pintar justru tambah bodoh,..
Coba anda berjalan dan berpikirlah,renungkanlah..kenapa kita diadakan..

Lamboreo potret mengatakan...

Saya kagum dgn pendapat anda,,
knapa manusia smakin pintar justru tambah bodoh,..
Coba anda berjalan dan berpikirlah,renungkanlah..kenapa kita diadakan..

Lamboreo potret mengatakan...

Saya kagum dgn pendapat anda,,
knapa manusia smakin pintar justru tambah bodoh,..
Coba anda berjalan dan berpikirlah,renungkanlah..kenapa kita diadakan..

Anonim mengatakan...

Saya percaya dengan semua ni,.
manusia d ciptakan dari tanah dngan sempurna dan smua manusia berbeda warna kulit da yg putih dan da yg hitam itu pun da yg dari keturunan dan da yg memang d ciptakan tuk hitam.....
Hahahahaha
I like it..

Anonim mengatakan...

Subhanalloh..

ABRIANO ARRAUFI mengatakan...

Luar biasa,,

Anonim mengatakan...

tuk yg blng asal mula kehidupan dr jawa,ngawur lo ogeb

Sarjana Mudakeren mengatakan...

http://beritaanehunikgokil.blogspot.com/2013/01/sejarah-dan-asal-usul-orang-melayu.html?m=1

maha suci allah...
Waktu adalah relatif, ada yang bilang sehari itu lama, karena dia belum pernah menunggu selama itu sebelumnya, ada yang bilang 1000 tahun itu sebentar karena dia pernah menunggu lebih lama dari itu...

Anonim mengatakan...

ada yg bilang kita keturunan primata,ada yg bilang awal khidupan d jawa ada yg bilang keterang alquran kurang detil...hemm...yg punya pndapat masing masing sbenarnya itu paham apa gk??? apa mmng rasa idealis yg tinggi yg bikin kalian smua jd kolot...kembalikan aja smua sama keyakinan masing masing gtu aja kq repot bodo dpelihara

Abu Ridwan mengatakan...

berpeganglah pada alquran.....

jimmy donk mengatakan...

asal mula kehidupan dan manusia pertama tidak ada yang tahu. semua agama punya versinya masing2. tapi ini yg gak masuk akal, ngebuat Adam diambil tanahnya dari berbagai negara sedangkan kita tau kalo dulu daratan di bumi masih bersatu artinya tidak terpecah2 seperti sekarang. ngawurnya jgn kelewatan dah

rofy aja mengatakan...

baca tgal bca gk ush pd nyolot
gegoh selut unyin

Eplasafi mengatakan...

sip gan
ane dapet pengetahuan baru

Grimmjow mengatakan...

bagusnya kalau mau cerita asal usul nabi adam di pisahkan mana versi dari al-quran , yang mana dari versi perilmuan ( kejawen ) , yang mana dari versi china dan lain2 .
Kalau dicampurkan jadinya bingung sebenernya TS nya ngambil dari versi yg mana ??????

tri mulyani mengatakan...

Subhanalloh,,, thanks pada admin ya,,, dmembaca ini jadi pengetahuan bagi saya khususnya,, wallohu a'lam bisshowaab , subhanalloh,,

tri mulyani mengatakan...

Subhanalloh,,, thanks pada admin ya,,, dmembaca ini jadi pengetahuan bagi saya khususnya,, wallohu a'lam bisshowaab , subhanalloh,,

Anonim mengatakan...

bagi saya tak jadikan masalah penciptaan adam..adam diciptakan dari tanah atau berasal dari kera..asalkan yang menciptakan tanah dan kera itu tetap ALLAH SWT..

dan seandainya diciptakan dari kotoran kerapun saya akan percaya asalkan yang menciptakannya tetap ALLAH SWT..

Mahyuni Smore mengatakan...

Qta hanya trcipta dri segumpal darah dan setetes air hina.. jdy jgn mrsa smpurna klaw hny skdr tw crita nya bukan tw dari arti alquran..

apri yadi mengatakan...

Kok adam diciptakan dgn campuran api jga ya???
Dan juga knapa tdak di ceritakan keirian setan terhadap adam??
Terciptanya pusar manusia kan dari ludah setan???

Baim Bram mengatakan...

Hah manusia selalu mencari perbedaan,, selalu debat.
Coba cari persamaannya
1.adam manusia pertama yg di ciptakan allah.
Sip

Anonim mengatakan...

Yg pennting anda punya iman. Gk perlu diperdebatkan.

nerakayangasyik mengatakan...

Saya bertanya2 kenapa bumi bisa mengatakan kalau manusia akan berbuat dosa maksiat n kerusakan seolah2 bumi tau yg akan terjadi, padahal kan manusia (Adam) belum di ciptakan pas diperintah, bukankah yg tau segalanya cuma allah SWT.kenapa bumi bisa menolak perintah sampai 2x dari yg menciptakannya (Allah SWT).
Sesungguhnya Jika allah SWT sudah berkhendak berjuta bumi pun tidak mustahil akan tercipta.
Jika anda ingin mencari kebenaran maka alqur'an lah jawabannya...
ALLAH MAHA SEGALA

Anonim mengatakan...

klo loe, bca AL-QUR AN ja,, tuh kya musadeg,, yg ngaku2 jdi nabi, bca AL-QUR AN & hadist ya. nah cri dah ulama,khiayi,ustad, nah blajar dah tuh. klo lo baca AL-QUR AN ya ja,, ampe mati jga gak bakal ketemu.. mnta ma para2 ulama untuk nafsir kan al-qur an.
klo lo bicara masalah manusia di ciptakan,, gw tnya dlu AGAMA lo pa? jgn suka menkritik cerita orang.. inilah orng INDONESIA,hnya bsa mengkritik hsil karya orng.. mankaya, ni negara gak pernah maju.
tidak sperti neggara luar.
ISLAM tu,, indah.

alvincelebration mengatakan...

Sangat Bermanfaat!

Mamah Rohimah mengatakan...

"Ilmu akan memberikan pencerahan" tapi harus dari sumber yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan. terimakasih :)

Ari Yasha mengatakan...

Wallahualam

Nourrochman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nourrochman mengatakan...

setuju dgn mas anonim hrs berpegang dgn quran&hadits .
dan saya prnah dengar cerita kalo iblis berkata: aku lebih baek dr pd adam.
kalo aku pikir² kog sama dgn orang bodoh goblok²ne kancane.
warning!

wallohu 'ala kulli syaiin qodir

Simok Caravela mengatakan...

Setelah manusia di cipataKan,dan di turunKan ke bumi. .
Manusia itu untuk apa. . .???
Dan apa tujuan manusia. . .???

Simok Caravela mengatakan...

Setelah manusia di cipataKan,dan di turunKan ke bumi. .
Manusia itu untuk apa. . .???
Dan apa tujuan manusia. . .???

ricjan mengatakan...

makasih untuk infonya..
mudah-mudahan berrmanfaat .

Anonim mengatakan...

Dari apa/dari mana n bagaimana prosesnya yg penting hidup memahami kehidupan & penghidupnya. Karena kita tdk dpt lepas dr hukum & ke-esaan-Nya

eko4ries69.blogspot mengatakan...

menyesatkan bro? Hati2 kalo posting, smakin bnyak di sebarkan anda akan mendapatkan hukuman dari allah karena gag ada sumbernya? Dan anda akan di pertanggung jawbkan nanti? Jika anda ingin slamat dunia akhirat hapus blog ini? Atau di non aktifkan? Sesungguhnya azab allah pedih? Ingatlah saudaraku q cman mengingatkan

Mah bub mengatakan...

klian semua ini cuman bisanya mengkritik,,,, baca alquran saja nggak becus,,,,,,,,
dan perlu kalian ketahui semua.... kalau se andainya allquran menjelaskan semua scara detail,,,, maka tidak ada gunanyya,,,, kitab,kitab yang menerangjkan,,, bagaimana cara mafsirkkan alquran dengan baik,,,,,,,,,,,,
perlu di ingat bahasa alquran dengan bahasa arab iitu lain,,,,,....
dalam satu kata dalam alquran itu suda mengandung 1oo0 makna.........
kalian itu jangan cuman belajar tentang dunia tok,,,,,,
yang di kejar hanyalach pangkkat sedangkat ilmu agama kalian tidak tahu,,,,
kalau kalian pengen tau,,,, bagaiman perinciannya,,, kalian cari sendiri,,,, kalau kalian memang agama islam dan punya akal.......
dari anak madura,,,,

apotek online mengatakan...

Al-Quran adalah sumber segala ilmu. Yang menjadi PR saya sekarang ini, yaitu cara untuk menjelaskan awal mulanya manusia diciptakan secara ilmiah, karena sekarang sudah berkembang kepercayaan bahwa manusia dari kera yang sama sekali bertentangan dengan Al-Quran, yang mengakui hal ini bukan saja orang kafir tetapi muslim yang liberalis, yang sekuler juga ikut-ikutan memperkuat pernyataan yang sama ini. Mohon informasi proses awal mulanya terciptanya manusia secara ilmiah menurut Al-Quran

Gosong Yahut mengatakan...

Haqulyaqin...adam di ciptakan oleh allah swt dari tanah liat..nabi adam lah manusia pertama yg tinggal di bumi..

Gosong Yahut mengatakan...

Apa yg harus di perdebatkan..skrng bukan zaman jahiliyah,,,,kalo pengen ngerti baca dan hayati apa yg terkandung dlm kitab suci al-qur'an...islam mengajarkan ROHMATAN LIL'ALAMIN....

cugay alamsyah mengatakan...

Sya stuju dengan pendapt anda

cugay alamsyah mengatakan...

Sya stuju dengan pendapt anda

Anonim mengatakan...

Kenapa ya bro...dalam ilmu sejarah di sekolah-sekolah, sejarah manusia di mulai dari Evolusi kera (teori darwin) dan penemuan Fosil-fosil manusia purba, tetapi tidak berasal dari Adam / Hawa (Kitab Suci ) ...., jadi yang bener yang mana bro....

Anonim mengatakan...

Penelitian baru2 ini telah di temukan DNA dari pria keturunan Afro Amerika yg tinggal di California, kromosom Y dri pria ini berbeda dengn kromosom manusia modern Saat ini. Kromosom Y pria ini setelah di teliti jauh lebih tua dri kromosom Y yg qta miliki. Kesimpulannya manusia modern ( homo sapien) pria tersebut atau nenek moyang pria tersebut jauh lebih tua Dari Adam.

Wahyono gandrung mengatakan...

bos, jika tujuan Allah SWT menciptakan Adam utk menjadi kholifah di bumi, mengapa Adam ditempatkan di syurga dan baru diturunkan ke Bumi setelah melanggar perintah Allah swt?ko ga langsung aja ditempatkan di bumi?siapa aja saya tunggu jawabannya.thanks.

cepi salsabila mengatakan...

sebuah keajaiban ,, di ambil positifnya aja gan :)

Anonim mengatakan...

Tulisan yang memberi inspirasi reflektif yang amat mendalam bagi yang membacanya..
Kalau boleh, diperhatikan isinya agar tiddak terlalu mencolok ke dan dari kelompok (agama) tertentu, biar itu bisa dibaca secara universal.. Saya katakan demikian karena ini mungkin akan memberi ketidakpuasan tersendiri bagi orang yang kelompoknya tidak dijelaskan secara detail tentang pandangan kelompoknya terkait manusia pertama ini.
Terlepas dari hal ini, saya pribadi sangat salut dengan tulisan anda. Anda telah berusaha untuk menjadi penulis yang bisa berada pada situasi lintas batas. maksudnya anda tetap berada sebagai insan yang berani melakukan studi perbandingan agama-agama dan kepercayaan-keercayaan universal.

Anonim mengatakan...

allah benar2 kuasa

ferdy irawan mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
╔══╗═════╔╗═════
╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
═══════╚═╝═╚═╝══
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

fahrul ayunk rozi mengatakan...

sngat lengkap & mudah di mengerti

Anonim mengatakan...

mkasi bermaaf banget :)

Kisah Nabi mengatakan...

Informasi mengenai nabi adam disini sangat lengkap, bisa dijadikan referensi.

Maycel Reza mengatakan...

Kalau anda mempelajari suatu agama (islam), jgn stengah2 bro, islam adalah agama yg sempurna, sehingga bisa menceritakan yg dulu bgtu lengkap dan logis jg dpt dibuktikan secara teori, knp islam demikin??, itulah tugas anda yg mempelajarinya..

Maycel Reza mengatakan...

ILMU membuat hidup seseorang jd MUDAH,
SENI membuat hidup seseorang jd indah,
AGAMA (imam) membuat seseorang jd TERARAH..

Maycel Reza mengatakan...

ILMU tanpa AGAMA akan menjadi NGAWUR, manusia sering lupa diri bahwa otak dan kemampuanya terbatas dibanding Tuhan..Alhamdulillah blog anda bermanfaat

Maycel Reza mengatakan...

Maaf Bro blog ini bukan tempatnya orang ATEIS (tidak bertuhan), jd anda jgn bicara tanpa berpikir. Hanya org yg tak beragama yg memiliki ilmu ngawur, manusia lupa akn kterbatasanya jk dibanding Tuhan. Beragama, dan dicocokan dg ilmiah, shg ktemu akn kbenaranya, inilah manusia yg cerdas, bkn hanya bicara tnpa isi

Thareeq Satria mengatakan...

Izin copas ya,buat mengisi blog baru Ane Syukron!

jhonz harry mengatakan...

Penambah wawasan yg keren bro !!! Coba di lengkapi lagi sejarah asal usul nabi adam scara terperinci biar jelas dan terang menderang info keilmiahannya... ( Alloh mengetahui apa yg tidak di ketahui oleh mahluk ciftaannya ) sukses sellau bro..

Anonim mengatakan...

aku tdk yakin klau aku keturunan nabi adam, jika diambil thn paling besar tiap nabi 1000th maka jika ada 25 nabi/rosul maka ada 25rb thn. ini sudah saya beri toleransi thn yng sgt besar. Nah skrng coba kita lihat museum yg di Sangiran tmpat manusia yg lbih tua ditemukan dari Wajakensis,Mojokertensis,Solokensis yg rata2 berusia 1-2 jt thn silam. Mereka yg jauh lbih dulu berada ditanah Jawa.

ivan verys mengatakan...

Thanks ya gan blog ini membantu saya sekali .................



bisnistiket.co.id

hafidzh rachman mengatakan...

cerita tentang Islam terlalu mengada ngada, seperti halnya cerita anak SD, aneh. tidak bisa di ferifikasi

Aryha Katulistiwa mengatakan...

Trims Gan infonya, izin save ni artikelnya gan.

ASY-SYAHADAH mengatakan...

Wallohu A'lam bisshowab, Allah telah berfirman andaikata Pohon-pohon dimuka bumi dijadikan pena dan air laut diseantero permukaan bumi habis dijadikan tintanya maka ilmunya Alloh tidak akan selesai ditulis, Subhanalloh...Maha Suci Engkau Ya Alloh

Herry mengatakan...

Assalamuallaikum ..Buat para komentar janganlah saling menyalahkan .. Kita sikapi saja menurut keyakinan (agama) kita masing2 .. kalo anda merasa lebih tau dari penulis .. Bikin lah artikel Jangan cuma ngritik yg pedes2 .. Salam sejahtera .. Walaikumsallam

ZUl Fikar mengatakan...

Subhanallah....Allah lh yg Maha Mengetahui

berita mengatakan...

marilah tingkatkn iman islam tuk mncarri bekal aqirat insyaallh semuanya akn trjwb yg sbnrya

Rahul Khily mengatakan...

Itu hanya pemahaman anda tentang tiga manusia pertama. Ketika dunia ini di datangi air bah, pada masa nabih nuh itu kan suda tak ada lagi manusia yg tetsisa. Jadi jgn kita melihat lagi yg sebelumnya.

Anonim mengatakan...

hafidzh rachman
jgn ngehina agama islam lo harus menghargai sejarah agama lain jgn dihina

Anonim mengatakan...

Dari tulisan ttg Adam dlm blog ini, menimbulkan pertanyaan?, yaitu: (1). Terjadi kawin-mawin antar saudara kandung (incest), berarti kita diperbolehkan incest? (2). Adam dan Hawa dibuang ke bumi krn makan buah pengetahuan. Bukankah, lebih baik, manusia itu mengetahui ttg hal yg baik dan buruk? (3). Jika dilihat dari silsilah Nabi Adam sampai ke Nabi Isa. Apakah Adam sebetulnya adalah manusia pertama untuk orang Yahudi saja?

Anonim mengatakan...

kalau pada masa itu incest tidak diperbolehkan, bisa jadi kamu sekarang tidak akan pernah ada di dunia ini o'on!! memangnya kamu mau incest dengan siapa? ibu atau adik mu atau mungkin anak kandung mu? sekarang yang incest pun memang sudah banyak, dan bahkan nikah di gereja pula, jadi apa masalahnya dengan incest jika anda mau? berdosa atau tidak itu tergantung anda berlandaskan pada agama apa?

Anonim mengatakan...

Mungkin krn lo kturunan mokertensis kali..mknya g ngrti ttg turunan adam..

GALURAMANGLE mengatakan...

085314416400 setia sejarah

GALURAMANGLE mengatakan...

085315003690 santri sejarah

joko suwito mengatakan...

Hanya allah yg maha tahu..krn blm ada bukti sejarah yg lengkap mengungkap bgm adam dan keturunannya berinteraksi di muka bumi ini...tulisan2 yg dimuat hanya meninjau dari aspek empiris dan filosofis si penulisnya. Kita yg hidup di jaman modern ini sebaiknya memikirkan asal usul nenek moyang kita dari semua aspek. Jika kita pernah melihat sungai kita harus mengerti mana hulunya, mana hilirnya dan mana mata airnya. T.ksh.

Power Bank Murah mengatakan...

subhanallah... sejarah nabi dan rasul bener bener bisa meningkatka keimanan seseorang

aji antari mengatakan...

Alhamdulillah blok anda sangat bermanfaat bagi pengetahuan saya

aji antari mengatakan...

Wouwloh hu alam
.sesungguh nya hanya allah yang maha tau dan mengetahui dari ap yg kita ketahui

Poskan Komentar

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini,,
Mohon Komentar dan Pembenaran jika banyak hal yg dirasa Salah.

:::Gratis Copy Paste Asal Cantumkan Link Blog Ini (jika Mau diPublish Kembali:::