Translate

Cari Artikel

Asal usul Sejarah Sepatu Bola (Khusus untuk Olahraga Sepak Bola)

Asal usul Sejarah Sepatu Bola dan Perkembangannya (Khusus untuk Olahraga Sepak Bola)
Pengetahuan mengenai sejarah biasanya akan sangat membosankan dan terkadang membuang waktu, namun tidak ada salahnya kita mengetahuinya walaupun itu sedikit, banyak sumber-sumber mengenai sejarah perkembangan sepatu olahraga ini.
Terlepas dari benar tidaknya sejarah itu, kita akan mencoba membuat kesimpulan dan memaparkannya berdasarkan hasil sejarah yang tercatat paling banyak dimuat di media.
Secara umum mengenai sepatu, sejarah adanya sepatu dimulai hampir bersamaan dengan sejarah peradaban manusia, Luciana Boccard dalam bukunya Party Shoes (1993) menjelaskan bahwa manusia sudah memakai sepatu dari kulit sejak seribu tahun sebelum Masehi.

Khusus untuk sepatu sepak bola, benda ini sudah dikenal mulai dari zaman Raja Henry VIII pada tahun 1525.
Sepatu yang dikenakan beliau terbuat dari kulit yang keras, tingginya di atas mata kaki, dan bobotnya lebih berat dari sepatu biasa (Mirip sepatu Lars panjang atau Boot).
Sepatu ini dijahit tangan oleh Cornelius Johnson, dan jika kita ingin mengetahui berapa nilai sepatu itu, yaitu sekitar 4 Shilling atau Rp.1.671.400,- jika dinilai saat ini.

Sepatu bola awalnya dan yang menjadi ciri khasnya, memiliki Stud/Cleat/Pul/Sepul (Tujuannya untuk kestabilan dan agar pemain tidak mudah terpeleset di lapangan rumput) yang terbuat dari paku baja dan ditanam di bagian bawah/sol sepatu, hingga kemudian dibuat aturan agar cleat ini ujungnya tumpul demi keamanan.

Pemain bola pada awalnya diijinkan menggunakan sepatu jenis apapun di lapangan, hingga akhirnya pada tahun 1863 FA mengeluarkan peraturan: “Yang tidak menggunakan sepatu dengan paku menonjol, lempengan besi, atau getah karet pada sol sepatunya tidak diperbolehkan bermain”.

Produsen (Pabrikan sepatu) pertama sepatu sepak bola adalah Gola yang rilis pada tahun 1905, kemudian pada tahun 1910-an sepatu dengan nama Cup Final Specials rilis dan mendunia berkat 'gigi-gigi' kayu di bagian bawah agar pemain mudah mencengkeramkan kakinya ke tanah, ujung sepatu dibuat dengan pola anyaman agar pemain mudah menggerakkan jari kakinya selama mengontrol bola, bentuk gigi itu seperti tabung dengan tiga paku kecil berujung tajam, dan pemain harus memakukkan 'Kuku' itu ke sol dengan palu kecil.

Ukuran gerigi itu pun bervariasi, pemain akan memilih gigi lebih panjang untuk bermain di lapangan becek/lembek agar tidak mudah terpeleset.
Pada masa itu, salah satu tugas wasit dan asistennya adalah mengecek sol sebelum pemain masuk ke lapangan, jika gigi sepatu terlalu tajam dan menonjol, pemain tak diperbolehkan masuk.
Sepatu baru umumnya keras dan kaku sehingga sering membuat kaki pemakainya cedera, agar lebih lentur dan enak dipakai sepatu direndam dulu selama beberapa jam sebelum dikenakan, lalu dijemur sebentar agar kandungan air tidak memberatkan sepatu.

 Tahun 1920-an, di Jerman muncul Dassler bersaudara yaitu Adolf dan Rudolf yang membangun Gebruder Dassler Schuhfabrik (Dassler Brother Shoe Factory) pada tahun 1924, perusahaan ini menawarkan teknologi cleat sepatu bermata 6 sampai dengan 7 yang dapat dipindah-pindah posisinya menyesuaikan kondisi lapangan.
Produksi sepatu sepak bola pada masa ini tidak hanya untuk orang dewasa namun anak-anak pun masuk dalam produksi massal.

Tahun 1930-an, muncul variasi warna tali sepatu, namun kelemahannya adalah pada saat bertanding pemain sering mengganti tali sepatu ini karena pembuatannya, proses rendam-jemur sepatu membuat tali mudah rusak.

Tahun 1950-an, pemikiran untuk mengurangi bobot sepatu muncul dan fungsinya mulai difokuskan untuk menendang dan mengontrol bola.
Bahan pembuatan sepatu merupakan gabungan kulit dan sintetis, cleat sepatu terbuat dari karet atau plastik dan dapat diganti-ganti.
Era ini juga ditandai dengan dimulainya komersialisasi sponsor oleh produsen sepatu kepada pemain (1951), bintang Inggris Stanley Matthews menjadi nama sepatu keluaran CWS dan Ia mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang disewa sebagai bintang iklan sepatu.

Tahun 1960-an, terobosan baru dalam pembuatan sepak bola mencakup sol sepatu yang dibuat dengan bahan karet, plastik, atau logam dengan pengait sekrup.

Tahun 1970-an, karena pada awalnya sepatu selalu berwarna hitam, kemudian muncul terobosan untuk mengeluarkan sepatu yang warnanya tidak biasa, yaitu putih.

Di tahun 1979, diperkenalkan bahan kulit sepatu yang terbuat dari kulit kanguru.

Tahun 1990-an, populernya bahan kulit kanguru semakin berkembang dengan diperkenalkannya teknologi Sweet Spot, yaitu sepatu yang bisa membuat bola melengkung ketika ditendang melambung di udara (Tendangan pisang), kita mungkin lebih mengenalnya dari seorang pemain sepak bola asal Inggris David Beckham.

Tahun 1994, sol sepatu terbuat dari bahan polimer yang membuatnya lebih fleksibel dan cleat sepatu tidak lagi berwujud paku-paku, namun dibentuk langsung dari sol berupa bilah seperti pisau.

Dan akhirnya pada tahun 2000-an, diperkenalkan teknologi baru dalam sepatu yang meningkatkan kemampuan kontrol bola, kecepatan lari, dan kekuatan serta akurasi tendangan.
Juga berkembangnya teknologi kuku-kuku sepatu (stud/cleat/pul/sepul) yang lebih lengket di lapangan, dan hasilnya si pemakai akan lebih stabil dalam bermanuver.

Seperti kita ketahui di atas, sepatu bola pada awalnya sangat berat, karena sepatu ini melindungi sampai pergelangan kaki atau mata kaki.
Bentuk ini yang menjadi standar di bagian Utara Eropa selama beberapa tahun, sedangkan di Eropa dan Amerika bagian Selatan lebih mengenal sepatu bola yang tidak perlu melindungi angkel, sehingga bobot sepatu jauh lebih ringan, dan kemudian model ini menjadi model standar hingga sekarang.


  Sedikit Gambaran Sepatu Bola Jaman Dahulu
sepatu bola Raja Henry VIII tahun 1526




Era tahun 1800-an





Era tahun 1900 sampai 1940
Era tahun 1900 sampai 1940

gaya boot Sepakbola relatif konstan sepanjang tahun 1900-an sampai akhir perang dunia kedua. Peristiwa yang paling signifikan di dunia sepakbola boot pada bagian pertama abad kedua puluh adalah pembentukan beberapa produsen boot sepakbola yang masih membuat sepatu bola saat ini, termasuk Gola (1905), Valsport (1920) dan Denmark sepakbola pembuat boot Hummel ( 1923).

Selama di Jerman, saudara Adolf Dassler dan Rudolf Dassler membentuk Gebrüder Schuhfabrik (Dassler Brothers Shoe Factory) di Herzogenaurach pada tahun 1924 dan mulai memproduksi sepatu bola tahun 1925 yang telah 6 atau 7 diganti, dipaku , yang dapat berubah sesuai dengan kondisi cuaca bermain.




Era tahun 1940 sampai 1960

Gaya boot Sepakbola bergeser secara signifikan setelah berakhirnya perang dunia kedua, sebagai perjalanan udara menjadi perlengkapan internasional lebih murah dan lebih banyak dimainkan. Hal ini melihat boot, sepak bola lebih ringan lebih fleksibel yang dipakai oleh dorongan Amerika Selatan yang ke panggung dunia, dan bola keterampilan dan kemampuan teknis kagum semua orang yang mengawasi mereka. produksi boot Sepakbola bergeser untuk menghasilkan boot sepak bola lebih ringan dengan fokus pada menendang dan mengontrol bola, bukan hanya memproduksi sepotong sepatu pelindung.

1948 melihat pembentuk perusahaan Adidas oleh Adolf (Adi) Dassler setelah bertengkar dengan saudaranya itulah penyebab persaigan perusahan pembuat sepatu bola dari dulu sampai dengan hari ini. Bruder Rudolf awal mendirikan perusahaan Puma pada tahun 1948, menghasilkan boot sepak bola Puma Atom. Hal ini menyebabkan sekrup yg awalnya dpt di pakukan pada sepatu bola mulai terbuat dari plastik atau karet untuk pertama kalinya, konon oleh Puma di awal tahun 1950, tetapi juga diklaim oleh Adidas .Sepatu Sepakbola waktu itu masih di atas mata kaki, namun sekarang sedang dibuat dari campuran bahan sintetis dan kulit, memproduksi dan sepatu bahkan lebih ringan untuk para pemain hari untuk menampilkan kemampuan mereka.




Era Tahun 1960-an

Perkembangan teknologi dari tahun enam puluhan mengalami perubahan-langkah penting dalam desain dapat dilihat dari desain sepatu dipotong rendah diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola. Perubahan ini memungkinkan pemain untuk bergerak lebih cepat dan melihat orang-orang seperti Pele memakai sepatu bola Puma di Final Piala Dunia 1962. Adidas, meskipun, dengan cepat muncul sebagai pemimpin pasar, posisi mengklaim sampai hari ini. Dalam Piala Dunia Final tahun 1966, sekitar 75% dari pemain mengenakan boot sepak bola Adidas.
Tahun 1960 juga melihat beberapa pembuat boot sepak bola lainnya bergabung pasar boot sepakbola dengan merek mereka sendiri dan gaya termasuk Mitre (1960), Joma (1965) dan Asics (1964).



Era Tahun 1970-an
Tujuh puluhan dimulai dengan ikonik 1970 Final Piala Dunia yang melihat tim Brasil sublim mengangkat piala dengan Pele, kali ini mengenakan boot sepak bola Puma King. Dasawarsa itu sendiri akan dikenang dimana cara sponsor sepatu bola memiliki icon sepatu, di mana pemain dibayar untuk memakai hanya satu merek. Dari segi desain dan gaya, kemajuan teknologi yang dihasilkan sepatu ringan, dan berbagai warna, termasuk untuk pertama kalinya, boot football semua-putih.
Pada tahun 1979, Adidas menghasilkan penjualan terbaik di dunia boot sepak bola Copa Mundial, terbuat dari kulit kangguru dan membangun untuk kecepatan dan fleksibilitas. Meskipun Adidas tetap dominan, pembuat sepak bola boot beberapa lainnya bergabung dengan kehebohan termasuk sepak bola Italia pembuat boot Diadora (1977). 





Era  Tahun 1980-an
Perkembangan terbesar di zaman baru-baru ini dalam desain dan teknologi sepatu bola dikembangkan pada tahun delapan puluhan oleh mantan pemain Craig Johnston, yang menciptakan boot Predator sepakbola, yang akhirnya dirilis oleh Adidas pada tahun 1990. Johnston dirancang Predator untuk memberikan traksi yang lebih besar antara boot sepak bola dan bola, dan boot sepak bola dan tanah. Desain diperbolehkan untuk daerah permukaan yang lebih besar untuk datang ke dalam kontak dengan bola ketika sedang terkena boot sepak bola, dengan serangkaian kekuasaan dan menyimpang zona dalam wilayah mencolok memungkinkan pemain untuk menciptakan kekuatan yang lebih besar dan meliuk ketika memukul "sweet spot" . Tahun delapan puluhan juga melihat sepatu bola untuk pertama kalinya yang dibuat oleh Umbro perusahaan Inggris (1985), Italia dan Spanyol Lotto Kelme (1982)


Era Tahun 1990-an
1994 Adidas melihat menciptakan Craig Johnston merancang Predator dengan revolusioner gaya, desain dan teknologi sehingga sukses instan dan abadi. Predator sekarang fitur teknologi ekstrusi polimer dan bahan memungkinkan untuk tunggal lebih fleksibel serta konvensional yang diganti dengan desain berbilah meliputi tunggal, memberikan dasar yang lebih stabil untuk pemain. Pada tahun 1995 Adidas traxion berbilah mereka merilis teknologi outsole yang bilah berbentuk meruncing. Puma memukul kembali pada tahun 1996 dengan boot sepakbola busa-bebas midsole, yang dikenal sebagai Puma Cell Technology, yang Adidas menjawab lagi, kali ini dengan alas sepatu berbentuk baji pada tahun yang sama. Tahun sembilan puluhan melihat sepakbola boot baru produsen Mizuno pembebasan mereka Mizuno Wave pada tahun 1997. Lain sepatu bola baru berasal dari Reebok (1992) dan Uhlsport (1993) dengan perusahaan lain juga bergabung dengan pasar yang semakin meningkat, menguntungkan dan kompetitif. Paling signifikan tahun sembilan puluhan melihat masuknya Nike, produsen olahraga terbesar di dunia, segera membuat dampak dengan yang boot sepak bola Nike Mercurial (1998), yang berbobot hanya 200g.

Era tahun 2000-an
Sebagai teknologi maju lebih jauh lagi, penerapan dan perkembangan penelitian baru terlihat di tahun-tahun ke dalam milenium baru sampai ke hari ini dan ini telah menyebabkan penguatan posisi pasar dari tiga pembuat besar sepak bola boot dan penjual, Puma, Nike dan Adidas (bergabung dengan Reebok sejak 2006). Untungnya, masih ada kamar di tempat pasar untuk produsen kecil yang tidak memiliki kontrak dukungan uang besar di pembuangan, seperti Mizuno, Diadora, Lotto, Hummel dan Nomis.

Perkembangan terakhir sejak tahun 2000 telah melihat Nomis Basah teknologi kontrol menghasilkan boot lengket (2002), Craig Johnston Sepatu Babi (2003), teknologi hiu oleh Kelme (2006) dan desain yang luar biasa dari sepatu bola Zhero Lotto Gravitasi laceless (2006) semua yang mendukung keberhasilan bahwa pembuat yang lebih kecil dapat mencapai dengan memproduksi khusus dan sepatu bola berteknologi maju yang menyediakan diferensiasi yang berbeda dari massa yang dihasilkan produk dari tiga besar. Teknologi laser juga telah membantu untuk menghasilkan sepak bola pertama di dunia sepenuhnya disesuaikan dengan Sebelum 2 Lever, yang mungkin yang paling menarik dan inovatif dari perkembangan terakhir.
sepatu sepak bola favorit saat ini termasuk F50 Adidas ', Tunit dan Predator, Nike Mercurial Vapor III, Air Zoom Total 90-an dan Tiempo Ronaldinho, Reebok Rage Pro dan Umbro X Boots.

print halaman iniPrint halaman ini

13 comments:

indra mengatakan...

terima kasih infonya, jadi tahu ternyata seiring perkembangan zaman, sepatu bola mengalami beberapa perubahan.

yosep mengatakan...

akhirnya tahu dapat juga sejarah tentang sepak bola, makasih gan infonya

Anonim mengatakan...

I've been browsing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made good content as you did, the net will be much more useful than ever before.


Here is my web-site; veronicadepp.tumblr.com

lazu iana mengatakan...

thanks ya, isi artikelnya keren.
dan sangat membantu sekali..+ memberi wawasan tambahan untuk sy, oya kalau untuk info soal kaos kaki wanita yang berkualitas gmn ya..
Trims :)

BloggerUINK mengatakan...

produk mitre bro boleh dicoba
Sepatu Bola
Sepatu Soccer

Ibu Hermawati mengatakan...

Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI yang bekerja di negeri orang saya ibu hermawati seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor MBAH RONO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi MBAH RONO dan minta angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan 4D TOTO ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi MBAH RONO di nomor (_085_340_489-469_) ini asli bukan rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..

winen lose mengatakan...

Nitip Link Ya kak ,makasi banyak
Agen Sbobet
Agen Judi
Agen Bola
Baccarat Online
Casino Online
Agen Asia77
Agen IBCBET ONLINE
Agen SBOBET ONLINE
Agen JUDI ONLINE
Agen CASINO ONLINE
Agen Bonus Sbobet
Prediksi Bola


AGEN JUDI | AGEN BOLA | AGEN SBOBET | WINENLOSE
http://198.50.183.104/
http://198.50.183.104/asia77
http://198.50.183.104/ibcbet-online
http://198.50.183.104/sbobet-online
http://198.50.183.104/judi-online
http://198.50.183.104/casino-online
http://198.50.183.104/promo
http://198.50.183.104/category/prediksi-bola
http://198.50.183.104/agen-judi

988Bet Trade In mengatakan...

kalau diizinin nitip numpang lapak yaaa terima kasih...
Agen Bola
Agen Judi
agen sbobet
988Bet Trade In
988Bet Produk Asia77
988Bet Produk AsiaPoker77
988Bet Produk Asia8
988Bet Produk 1sCasino
988Bet Produk 338a
988Bet Produk IBCBET
988Bet Produk SBOBET
Prediksi Bola 988Bet
Tebak Bola 988
Panduan Bermain 988


Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Bandar Judi
Agen Bola Bonus
Bandar Asia77
Agen Poker
Agen Asia8
Agen 1sCasino
Agen Casino
Agen Bola IBCBET
Agen Bola Sbobet
Prediksi Bola

winen lose mengatakan...

Winenlose merupakan agen bola judi yang sangat terpercaya Dan Demi Kenyamanan Para Bettor Kami Menyiapkan Berbagai Bonus.
Ayo Gabung Sekarang Juga Di Agen Kami .

Berikut Bonus yang kami berikan bila bergabung dengan kami
- 20% untuk member baru SBOBET, IBCBET dan ASIA77
- Kemenangan 5% dari deposit
- Rollingan 0.7% setiap Minggu
- Cashback 5% - 10%
- 10% untuk member baru 338A, 1S CASINO, ASIA8BET
- Bonus deposit awal 30% TANGKASNET99
- Bonus Untuk Poker 2%

Note : Jangan Sampai Pilih Agen ,Hanya Winenlose Yang Menjadi Agen Kepercayaan Para Bettor Mania.Gabung Sekarang juga hanya di http://198.50.183.104/agen-judi

AGEN JUDI | AGEN BOLA | AGEN SBOBET | WINENLOSE
http://198.50.183.104/
http://198.50.183.104/asia77
http://198.50.183.104/ibcbet-online
http://198.50.183.104/sbobet-online
http://198.50.183.104/judi-online
http://198.50.183.104/casino-online
http://198.50.183.104/promo
http://198.50.183.104/category/prediksi-bola
http://198.50.183.104/agen-judi

Nitip Link Ya kak ,makasi banyak
Agen Sbobet
Agen Judi
Agen Bola
Baccarat Online
Casino Online
Agen Asia77
Agen IBCBET ONLINE
Agen SBOBET ONLINE
Agen JUDI ONLINE
Agen CASINO ONLINE
Agen Bonus Sbobet
Prediksi Bola

988Bet Trade In mengatakan...

Selamat Datang Di 988bet dengan minimal deposit 100rb anda bisa langsung bermain di agen kami dan berapapun kemenangan anda akan dibayar disini

Sportsbook (SBOBET,IBCBET & Asia77)
Bonus Sportsbook 20% Khusus Member Baru SBOBET,IBCBET & Asia77
Bonus Kemenangan 5%
Bonus Rollingan 0.7%
Bonus Cashback 5%
Bonus 20% User Baru Asia77
Promo Trade In Account 30%

Live Casino
Bonus 10% User Baru 338A,1S Casino,Asia8bet
Bonus Kemenangan 2.5%
Bonus Cashback 10%
Bonus Rollingan 1%

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online

Selens Seren mengatakan...

www.seasonbet77.com
http://198.50.133.242
Agen Judi | Agen Bola | Agen Sbobet | Cara Daftar Sbobet | Cara Daftar Agen Judi | Agen Casino Online |

Agen Sbobet
Agen Judi
Agen Bola
Agen Judi Online
Agen Casino
Prediksi Bola
Agen Tangkas
Agen Poker
Agen IBCBET
Agen 1sCasino
Cara Daftar Sbobet
Cara Daftar Agen Judi

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat Di website/internet ««KLIK DISINI»»


PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

RITUAL TOGEL/LOTREY

Dono Kasino Indro mengatakan...

UNTUK SELURUH PECINTA JUDI GAMES ONLINE
YUK KE A.R.E.A.T.O.T.O.N.E.T

Posting Komentar

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini,,
Mohon Komentar dan Pembenaran jika banyak hal yg dirasa Salah.

:::Gratis Copy Paste Asal Cantumkan Link Blog Ini (jika Mau diPublish Kembali:::

Google+ Followers